Menkominfo: Pelaku Industri Game Lokal Mampu Menguasai Pasar Negeri Sendiri

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 7 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendukung pemerintah untuk mendongkrak ekosistem industri game Tanah Air.

Melalui penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021, Kemkominfo berupaya mendorong industri game nasional menguasai pasar dalam negeri dan luar negeri.

“Kami ingin melihat para pelaku industri game dalam negeri dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri, dapat menciptakan produk-produk gim yang bisa bersaing dengan game developer global,” ujarnya melalui rekaman video dalam IGDX 2021 Conference di Kuta, Bali, dilansir dari Merdeka.com (06/12/2021).

Pemerintah juga ingin membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar, tapi juga pemain penting dalam tatanan industri game dalam negeri maupun luar negeri.

Johnny menegaskan Kemkominfo berupaya memanfaatkan momentum perkembangan industri game dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekosistem gim nasional.

“Sekali lagi, kami menyatakan ingin menjadi inisiator dalam menangkap momentum tersebut sehingga bisa menghasilkan kebijakan dan program yang mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas pelaku industri kreatif di Indonesia, secara khusus pelaku industri game atau permainan di Indonesia,” tandasnya.

IGDX 2021

Dalam IGDX 2021 terdapat empat kegiatan utama yaitu IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Setiap kegiatan melibatkan banyak pihak, dari pelaku industri game, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya berharap, ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para game developer lokal kita untuk mencari informasi, ilmu dan pengetahuan, jejaring baru,” ucap Menkominfo.

Menteri Johnny juga mendorong para pelaku industri game Indonesia mampu meningkatkan kapasitas perusahaan dan mendapatkan pendanaan.

“Saya berharap teman-teman mampu mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membuat produk game yang lebih berkualitas juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki,” tukasnya.

Menurut Menkominfo pelibatan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dalam IDGX merupakan upaya kolaborasi agar menjadikan kegiatan berlangsung menarik. (Uli)