Mengupayakan Digitalisasi, Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR Terus Bertransformasi

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Senin, 1 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menyediakan informasi yang lebih baik sekaligus menjaga citra DPR RI, Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI berupaya melakukan tranformasi, dari menyediakan layanan secara konvensional menuju digital. Transformasi tersebut dilaksanakan melalui produk siaran dari Bagian TV dan Radio Parlemen, hingga produk-produk media cetak dan media sosial yang dihasilkan oleh Bagian Media Cetak dan Sosial DPR RI

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Djoko Hanggoro saat beraudiensi dengan Mahasiswa Magang Kampus Merdeka di Gedung Nusantara II, Senayan. Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid tersebut, ia menekankan dengan dilakukan digitalisasi produk media DPR RI tersebut, diharapkan publik dapat mengakses informasi DPR RI kapanpun dan di mana pun.

“Jadi masyarakat atau netizen bisa melihat kapan saja dan bisa diakses kapan saja. Mungkin nanti kita buat link-nya di E-media DPR untuk YouTube, Instagram, TikTok dan lain-lainnya, itu akan kita masukkan di E-media DPR, sehingga masyarakat mudah mengaksesnya,” jelas Djoko, sapaan akrabnya, dilansir dari Dpr.go.id (31/10/2021).

Lebih lanjut ia memaparkan sejumlah upaya Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI yang telah dilakukan untuk merambah digital, di antaranya menyediakan layanan informasi live streaming berbagai rapat yang diselenggarakan oleh Anggota DPR RI melalui siaran di TV Parlemen, maupun Youtube, Facebook, dan media sosial lainnya yang dimiliki DPR RI.

Tidak hanya itu, Majalah sekaligus Buletin Parlementaria kini bisa diunduh melalui website resmi DPR RI. Berbagai program dan konten pun diciptakan serta disajikan dengan memanfaatkan semua lini media. Upaya-upaya tersebut diharapkan dapat menyalurkan informasi hingga lintas generasi tanpa menghilangkan konteks.

Ke depannya, dirinya ingin Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI tetap fokus melaksanakan tugas dan fungsi. Baginya, hal ini vital guna mendukung pelayanan dalam bidang penyediaan informasi yang lebih baik khususnya menyampaikan informasi kinerja DPR RI. (Uli)