Mengupas Tuntas, Ini yang Ditawarkan Toyota Corolla Cross

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 13 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi merilis Toyota Corolla Cross. Menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C), mobil ini hadir dalam dua varian.

Tersedia Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV), harga yang ditawarkan keduanya tak sampai Rp 500 juta. Hal tersebut menjadikan varian hybrid sebagai mobil termurah saat ini. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan spesifikasi lengkapnya.

Dari sisi dimensi, Corolla Cross memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm dan jarak sumbu roda 2.640 mm. Sementara ground clearance-nya hanya 161 mm, dilansir dari Liputan6.com (11/08/2020).

Tampak depan mobil ini terlihat sangat gahar karena disematkan grille trapezoid. Bila biasanya lampu kabut berada di bagian samping bawah, khusus Corolla Cross berada di posisi tengah. Seluruh perangkat penerangan sudah berteknologi LED.

Selain mendapatkan pelek 18 inci bermotif segitiga 10 spoke dengan ban berukuran 225/50, mobil ini juga disematkan rem cakram berventilasi 16 inci untuk bagian depan.

Menambah kesan elegan, terdapat moonroof di bagian atap dan tersedia tujuh pilihan warna yakni Attitude Black Metallic, Platinum White Pearl, Metal Stream Metallic, Red Mica Metallic, Graphite Metallic, Celestite Gray Metallic dan Nebula Blue Metallic.

Masuk ke dalam kabin, tersedia dasbor dan jok berlapis kulit, head unit layar sentuh 9 inci yang mampu terhubung dengan ponsel pintar melalui smartphone Bluetooth dan Miracast.Tak hanya itu, tersedia pula fitur NFC untuk mengecek saldo uang elektronik dan voice command.

Perangkat Keselamatan

Untuk meminimalisasi tindak pencurian, tersemat fitur alarm dan immobilizer. Pengendalian dan pengereman mobil juga telah dimaksimalkan dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Tak ketinggalan Vehicle Stability Control (VSC) sebagai pengantisipasi gejala understeer dan oversteer, Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Proses parkir dibuat mudah oleh kamera parkir dan sonar depan-belakang. Selain seat belt dengan pretensioner dan force limited, perlindungan juga diperkuat dengan hadirnya tujuh kantung udara (depan, sisi, lutut dan tirai).

Pintu bagasi mobil telah menganut hidrolik elektrik. Cukup dengan tekanan jari pada tombol, pintu akan terbuka dan tertutup sendiri. Terdapat pula sensor kaki yang memudahkan saat kedua tangan sibuk membawa barang. Jok pengemudi juga bisa diatur ke enam arah secara elektrik dan kombinasi panel instrument analog Bersama Multi Information Display.

Corolla Cross 1.8

Masuk ke dapur pacu, untuk varian peminum bensin, tersedia mesin berkubikasi 1,8 liter naturally aspirated. Berkode 2ZR-FBE, output yang dapat tercipta mencapai 39 Tk di 6.000 rpm dan torsi 171 Nm pada 4.000 rpm.

Penyaluran tenaga ke roda mengandalkan CVT (Continuously Variable Transmission) 7-speed plus Sequential Shift dan Shift Lock.

Corolla Cross Hybrid

Sesuai namanya, varian ini lebih ramah lingkungan karena mendapatkan dua sistem penggerak. Untuk versi konvensional, tersedia mesin berkode 2ZR-FXE. Tenaga yang bisa dihasilkan untuk jantung pacu ini ialah 96 Tk di putaran 5.200 rpm dan torsi 142 Nm di 3.600 rpm. Sedangkan motor listrik permanent magnet synchronous bervoltase 600 V mampu Menghasilkan daya 71 Tk.

Khusus varian hybrid, tersedia fitur drive mode untuk memaksimalkan pengalaman berkendara. EV Mode akan mengaktifkan motor elektrik secara independen. untuk Sport Mode pengalaman lebih responsif bisa didapatkan karena kedua jantung bekerja berbarengan, sedangkan Eco Mode merupakan opsi penghematan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: