Mengunjungi Kampung Warna-warni Di Cilegon, Membantu Tingkatkan Ekonomi Warga

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 12 Desember 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Suasana menyenangkan langsung terasa saat memasuki kampung yang terletak di tengah perkotaan Cilegon, Provinsi Banten. Deretan rumah warga dilukis sukarela dengan beragam warna dan gambar yang menarik pandangan.

Dilansir dari Merdeka.com (11/12/2020), wilayah yang diberi nama Kampung Kreasi Lukis ini memang sengaja diwarnai. Bukan tanpa alasan, agar terlihat berbeda dari pemukiman lain.

Menariknya, selain diajak menikmati karya seni para warga, di kampung ini, pengunjung juga akan disuguhi beberapa titik tanaman ‘hidup’. Suasana seperti ini tentu sulit dijumpai di perkotaan. Berikut penampakan kampung warna-warni ini:

Kesepakatan Warga

Sarjoko, ketua RT 04 Kampung Lukis mengungkapkan jika ide awalnya dimulai dari seorang pelukis. Kemudian, usulan itu disetujui masyarakat sekitar, dengan pendanaan sukarela dari perelek atau benda sumbangan berupa beras dan uang seiklasnya.

Di tahun 2018, masyarakat yang dipimpin oleh Nur, seorang pelukis, langsung memulas tembok-tembok rumah warga.

“Pada tahun 2017 awalnya di sini ada pelukis namanya mas Nur, nah akhirnya kita berfikiran untuk melukis sebagian rumah di sini jika masyarakat setuju sehingga di tahun 2018 kami pun sepakat untuk melukis keseluruhan dari swadaya perelek warga seperti beras, uang,” ujar Sarjoko sembari mengenang

Dilukis dengan Gambar yang Disukai Anak-Anak

Seperti yang terlihat di dalam video tersebut, deretan rumah warga dilukis dengan beragam gambar menarik. Terutama, gambar yang disukai oleh anak-anak, seperti gambar tokoh kartun, pemandangan hingga lukisan kata-kata inspirasi yang bisa memacu semangat. Selain itu, di bagian musala juga dilukis dengan beragam  kaligrafi yang indah dan menawan.

“Kalau di sini paling banyak itu adalah pemandangan, lukisan anak-anak, tokoh film anak-anak, binatang-binatang apapun ada, kemudian kaligrafi untuk kita sendiri, lengkap di sini,” katanya.

Terdapat Taman Hidup untuk Membantu Warga

Di lokasi yang sebelumnya bernama Ramanuju Baru RT 04/09, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon ini terdapat beberapa taman. Taman ini disiapkan untuk membantu kebutuhan sehari-hari seperti taman toga yang merupakan apotek hidup dan urban farming.

“Di sini terdapat berbagai jenis tanaman seperti tomat, cabai yang selanjutnya bisa bermanfaat bagi ibu-ibu nya dan membantu sedikit perekonomian mereka. Di sini juga terdapat taman bacaan dan rumah pohon untuk anak-anak,” tambahnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: