Menguak Misteri menguningnya daun di  kala kemarau

Rabu, 28 Oktober 2015
Iptek | Uploader Arif
loading...

Indolinear – Anda pasti sering melihat daun berubah warna menjadi kuning kecoklatan jika musim kemarau? Penjelasan paling sederhana mengapa daun berubah warna ketika musim kemarau, memang karena kehilangan klorofil yang bisa membuat daun berwarna hijau.

Hilangnya klorofil, membuat pigmen kuning dan oranye yang ada di daun mendapatkan kesempatan untuk bersinar. Selama ini, pigmen warna kuning dan oranye hanya bersembunyi. Namun pertanyaannya, mengapa daun dibiarkan kehilangan klorofil padahal masih di pohonnya?

Peneliti mengatakan bahwa pohon sengaja menghancurkan molekul-molekul klorofil pada daun ketika musim kemarau, sehingga mereka bisa memulihkan semua nutrisi berharga yang tersimpan di dalamnya saat musim kemarau berakhir.

Jika molekul tidak sengaja dihancurkan saat musim kemarau, klorofil akan hancur sendiri saat proses pemulihan dan bercampur dengan oksigen. Hal ini malah membuat pemulihan nutrisi daun jadi terhambat.

Jadi, dari pada klorofil ini menghambat pemulihan nutrisi, pohon akan menghancurkan klorofil terlebih dahulu saat musim kemarau, untuk memastikan klorofil tidak mengganggu kelangsungan hidup pohon setelah berganti musim. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com

 

 

 

loading...