Mengorbit Bumi 8 Hari, 2 Astronaut Gemini V Mendarat Selamat Di Atlantik

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 30 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – 19 Agustus 1965, dua astronaut Amerika Serikat berhasil mendarat dengan aman di Samudera Atlantik setelah mencetak rekor ketahanan di angkasa luar.

Charles Conrad (35) dan Gordon Cooper (38) menghabiskan waktu delapan hari untuk mengorbit Bumi dengan kapal luar angkasa Gemini V — tiga hari lebih lama dari misi sebelumnya ke luar angkasa.

Dikutip dari Liputan6.com (28/09/2020), kapsul itu jatuh ke Atlantik barat daya pada pukul 12.56 GMT waktu setempat, 80 mil (130 km) dari kapal induk Lake Champlain.

Gemini V kembali ke Bumi sedikit lebih awal dari yang diperkirakan karena pusat kendali NASA di Houston khawatir akan terjadi badai di area pendaratan.

Kedua pria tersebut yang melakukan perjalanan 3.312.993 mil (5.331.745 km) dan mengorbit Bumi 120 kali dilaporkan berada dalam kondisi sangat baik.

Kolonel Cooper mengirim radio ke Lake Champlain tidak lama setelah kapsul mereka menghantam laut dengan pesan: “Kami berada di atas air dan dalam kondisi yang baik”.

Kedua astronaut itu dibawa dengan helikopter ke kapal induk di mana dokter memberi mereka pemeriksaan awal.

Sebuah laporan medis mengatakan, mereka “sangat bahagia tanpa perlu duduk dan istirahat.”

Ia menambahkan, “Sama sekali tidak ada yang salah dengan mereka. Seolah-olah mereka telah melakukan penerbangan singkat.”

Kepala Dokter Charles Berry mengatakan, detak jantung para astronaut telah meningkat hingga 180 detak per menit selama tahap masuk kembali yang menegangkan, tetapi detak jantung mereka telah turun kembali ke tingkat normal pada saat mereka sudah dibantu oleh petugas.

Tujuan Misi Gemini V

Proyek Gemini NASA diumumkan pada Desember 1961.Sepuluh misi dalam program tersebut dilakukan selama 20 bulan pada tahun 1965 dan 1966.

Tujuan utama mereka adalah untuk melatih astronot dalam menggerakkan pesawat ruang angkasa di orbit sebelum proyek Apollo mencoba mendaratkan manusia di Bulan.

Tiga orang yang terlibat dalam pendaratan bulan pertama – Michael Collins, Neil Armstrong dan Edwin “Buzz” Aldrin – semuanya ambil bagian dalam misi Gemini.

Charles Conrad berusia 69 tahun meninggal karena cedera dalam kecelakaan sepeda motor pada Juli 1999. Gordon Cooper meninggal pada Oktober 2004, pada usia 77.

Dalam peristiwa berbeda, tepatnya 29 Agustus 2005, badai Katrina menghantam sejumlah wilayah AS, menempatkannya sebagai salah satu bencana alam paling mematikan dalam sejarah negara adidaya itu.

Katrina menghancurkan sebagian AS, dari Louisiana hingga Florida Panhandle. Negara bagian Louisiana dan Mississippi menjadi penderita terparah. Delapan puluh persen Kota New Orleans tertutup banjir setelah tanggul-tanggul pelindung banjir roboh. Jumlah korban tewas akibat musibah ini diperkirakan mencapai lebih dari 1.800 jiwa.

Sementara itu, tanggal 29 Agustus 1958 merupakan hari kelahiran raja pop dunia, Michael Jackson.

Pria yang mempopulerkan gerakan “moonwalk” itu memulai karier bernyanyinya pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi the Jackson 5) sebelum meluncurkan album solo pertamanya “Got to Be There” pada tahun 1971. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: