Mengintip Perkampungan Di Negara Brunei Darussalam, Sejuk Dan Asri

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 20 Oktober 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Brunei Darussalam – Brunei Darussalam terkenal sebagai negeri makmur karena punya ladang minyak berlimpah. Sudah begitu, sang kepala negara, Sultan Hassanal Bolkiah, sangat dermawan.

Negeri Petro Dollar ini juga disebut negara paling tajir se-ASEAN. Rakyatnya hidup terjamin dengan berbagai fasilitas pendukung yang disubsidi pemerintah, seperti pendidikan gratis, akses jalan yang baik, rumah sakit gratis, tempat beribadah layak, dan beragam lainnya.

Dengan segala kekayaan yang dimiliki Brunei Darussalam, tentu banyak orang Indonesia yang penasaran. Oleh karena itu, seorang WNI yang tinggal di Brunei Darussalam, melalui kanal YouTube Kang Adink, membagikan momen saat berkeliling di salah satu perkampungan di negara tersebut, dilansir dari Dream.co.id (18/10/2021).

Jalanan di Perkampungan

Melalui unggahan video berjudul ‘Suasana Kampung di Brunei Darussalam’, kanal tersebut mengajak para subscribernya berkeliling ke Kampung Madang, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Sekilas, pemandangan kampung itu tampak seperti kampung di Indonesia.

Namun yang terlihat berbeda yakni susunan rumah dan bangunannya. Tak hanya itu, akses perkampungannya pun sudah menggunakan aspal seperti jalan raya di perkotaan.

” Memang jalannya itu kondisinya seperti ini. Setiap rumah selalu menghadap ke jalan raya. Memang ada gang-gang itu, tapi ya tetap posisi rumah menghadap jalan raya,” kata Kang Ading.

Banyak Masjid

Sepanjang jalan, sang pemilik video membagikan pemandangan hijau yang terlihat begitu sejuk. Banyak pepohonan dan rumput yang terawat.

Selain itu, beberapa kali terlihat juga bangunan masjid besar di kampung.

” Di sini jarang sekali ditemukan mushola atau surau ya. Karena di sini rata-rata itu setiap mukim, banyaknya masjid,” sambungnya.

Terbilang Aman

Tak hanya serba disubsidi pemerintah, keuntungan lain menjadi warga negara Brunei Darussalam yakni tingkat kriminal yang rendah. Bahkan warga bisa merasa aman dan nyaman meski memarkirkan mobil di pinggir jalan.

” Sangat beruntung ya jadi warga Brunei. Ini di Kampung Madang ya. Di sini banyak sekali TKI yang tinggal. Bisa dilihat ada parkir mobil di pinggir jalan, banyak sekali. Enggak takut hilang, di sini sangat aman ya teman-teman,” tandasnya. (Uli)