Mengintip Cara Kerja Sepeda Motor Hybrid Dari Kawasaki

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 8 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ide sepeda motor hybrid berperforma tinggi sudah ada sejak lama, hanya saja belum banyak pabrikan yang benar-benar menerapkannya. Pabrikan besar seperti Harley-Davidson saja akhirnya memilih motor listrik sepenuhnya. Meskipun demikian, rupanya Kawasaki sedang menyiapkan teknologi hybrid terbaru.

Pabrikan asal Jepang tersebut sedang mengerjakan sistem hybrid canggih untuk sepeda motor. Secara garis besar, cara kerja sistem tersebut adalah menggunakan mesin bensin di jalanan bebas hambatan, sistem listrik sepenuhnya bisa digunakan saat di dalam kota.

Dilansir dari Liputan6.com (06/12/2020), cara kerja tersebut dianggap bisa memaksimalkan potensi masing-masing drivetrain. Kelemahan kendaraan listrik pada umumnya adalah jarak tempuh, namun di dalam kota fitur energy recuperation system akan bekerja maksimal dalam kondisi lalu lintas yang macet. Saat performa dibutuhkan di jalanan menikung, mesin konvensional dan motor elektrik akan bahu membahu memberikan sensasi terbaik.

Dalam video yang dibagian di YouTube, purwarupa hybrid sedang diuji di mesin dyno. Pada kecepatan rendah, motor tersebut menggunakan motor elektrik, saat kecepatan bertambah, maka mesin konvensional mulai beraksi.

Sebelum menjualnya ke pasaran, tentu saja Kawasaki harus memikirkan sejumlah permasalahan yang timbul. Salah satunya adalah memasang motor elektrik dan baterai tanpa menambah beban terlalu banyak. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: