Menghindari Mabuk Perjalanan Dengan Tips Dari Kanal Ini Kata Dokter

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 19 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Mungkin banyak dari kita semua jika sedang melakukan perjalanan jauh baik menggunakan transportasi darat, laut, udara sering merasakan mabuk? Tentunya ini akan membuat kita merasa terganggu.

Pasti kita akan bertanya-tanya kenapa bisa setiap melakukan perjalanan selalu merasa mabuk. Kanal Ini Kata Dokter menjelaskan mengapa bisa mabuk dalam perjalanan. Hal ini disebabkan karena otak tidak menerima dengan baik sinyal dari indera kita.

Ini terjadi karena tidak ada sinkronisasi antara mata dan vestibular yaitu bagian dalam telinga. Seperti contoh, ketika kita duduk di dalam kapal laut mata akan melihat ombak yang bergelombang, sedangkan vestibular tidak merasakan ada gerakan sehingga otak akan kebingungan menerima sinyal dan akan membuat mual.

Namun, tidak semua orang akan merasakan mabuk perjalanan. Ini disebabkan dari kondisi tubuh seseorang yang berbeda-beda. Sebagian orang memiliki ketahanan tubuh dan kondisi psikologis yang lebih kuat. Biasanya, anak-anak lebih rentan untuk menagalami mabuk perjalanan dibanding orang dewasa, dilansir dari Liputan6.com (17/07/2022).

Tips menghindari mabuk perjalanan

Mungkin banyak dari kita yang mencegah mabuk saat perjalanan dengan minum obat anti mual. Tapi, Ini Kata Dokter punya cara lain yang lebih efektif lho. Dijelaskan ketika kita dalam perjalanan usahakan untuk memilih tempat duduk yang nyaman.

Seperti, ketika di dalam bus bisa memilih tempat duduk di depan untuk menghindari guncangan yang berlebihan. Lalu saat berada di dalam kapal laut usahakan untuk selalu melihat ke atas. Dan ketika berada di dalam pesawat bisa memilih tempat duduk di tengah untuk menghindari guncangan yang terlalu keras.

Nah, itulah beberapa penjelasan dan tips untuk menghindari mabuk perjalanan. Bagi kalian yang ingin tahu lebih jelasnya bisa saksikan video di bawah ini atau tonton kanal Ini Kata Dokter di platform streaming Vidio. (Uli)