Menghilangkan Kebiasaan Ini, Ketahui Cara Mengatasi Kecanduan Teknologi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 9 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Zaman sudah semakin maju begitu pula teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi memang sangat cepat. Saat ini, di tempat manapun pasti menggunakan teknologi, mulai dari kantor, rumah sakit, tempat makan, hingga rumah sendiri.

Tidak hanya orang dewasa saja, saat ini banyak anak-anak yang sudah bermain gadget sejak kecil. Mereka memainkan gadget untuk menonton video, bermain game atau sekedar mendengarkan music. Namun di sisi lain banyak juga yang menggunakan gadget untuk belajar.

Kecanggihan dan beragam fitur yang ditawarkan memang bisa membuat seseorang terlena akan hal tersebut. Hal ini membuat beberapa orang menjadi kecanduan teknologi. Kecanduan teknologi sama tidak jauh berbeda dengan kecanduan alkohol, rokok, dan narkoba.

Kecanduan ini dapat membuat seseorang tidak berhenti menggunakan gadgetnya sehingga menimbulkan beberapa dampak seperti mata perih, pola tidur tidak teratur, anti sosial, dan berpengaruh pada kesehatan mental maupun fisik. Sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka telah kecanduan teknologi. Sebab fenomena ini terjadi di bawah alam sadar karena telah terbentuk kebiasaan.

Dilansir dari Merdeka.com (08/06/2022), berikut ini adalah 5 cara untuk mengatasi kecanduan teknologi:

Hindari Membuka Aplikasi

  1. Nonaktifkan Push Up Notification

Push up notification dapat membuat seseorang untuk terus membuka ponsel dan terus memainkannya dalam waktu yang lama. Notifikasi ini secara tidak sadar dapat membuat penggunanya terus membuka program atau aplikasi tersebut. Akan lebih baik jika segala notifikasi disalurkan melalui email sehingga Anda dapat mengontrol penggunaan teknologi.

  1. Berikan Password Ketika Sleep Mode

Cahaya dari ponsel dapat membuat mata terjaga. Hal itu dikarenakan tubuh khususnya hormon melatonin yang membantu tubuh untuk tidur merespon cahaya tersebut dan menganggapnya sebagai siang hari. Sehingga akan lebih baik jika menjauhi gadget sebelum tidur agar mata dapat rileks. Pemberian password untuk membuka aplikasi saat ponsel berada pada sleep mode merupakan pilihan yang tepat.

  1. Keluarkan Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Meskipun susah untuk benar-benar berhenti menggunakan aplikasi tertentu, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Sebab icon aplikasi tertentu secara tidak langsung dapat membuat pengguna ingin membuka aplikasi tersebut.

  1. Berhenti Untuk Mencari Apapun Menggunakan Google

Rasa penasaran merupakan faktor utama seseorang ingin menemukan jawaban. Jawaban ini dapat dengan mudah didapat dengan mengetik di mesin pencarian seperti google. Namun hal ini juga membuat pengguna menjadi kecanduan, sebab mereka bergantung pada google untuk menemukan sesuatu.

  1. Hindari Teknologi Dengan Menggunakan Teknologi

Ironi memang rasanya karena untuk mengatasi kecanduan teknologi, kita memerlukan teknologi pula untuk membantu hal tersebut terwujud.  Sebab niat dan keinginan yang kuat tidak cukup untuk melawan perusahaan teknologi dalam mendapatkan perhatian pelanggan. Teknologi yang dapat membantu mengatasi kecanduan ini berbentuk aplikasi. Beberapa aplikasi dapat memberi tahu berapa jam pengguna telah melihat ponsel dan memperingati konsumsi ponsel yang berlebihan.

Penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menimbulkan masalah psikologi seperti insomnia dan gangguan kecemasan. Oleh karena itu sebaiknya membatasi penggunaan teknologi untuk menjaga kesehatan mental. Percakapan nyata seperti melakukan panggilan telepon atau bertemu langsung merupakan salah satu kunci hubungan yang sehat terhadap teknologi. (Uli)

loading...