Mengenang Sudi Silalahi, Menteri Dua Periode Era Presiden SBY

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 28 Oktober 2021
loading...

Indilinear.com, Jakarta – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2009-2014, Sudi Silalahi, meninggal dunia pada Senin (25/10) malam. Mensesneg periode kedua kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto.

Kabar meninggalnya purnawirawan TNI itu turut disampaikan Sekretaris Kabinet (Seskab) periode 2004-2009, Dipo Alam melalui akun Twitternya @dipoalam. Sudi meninggal di RSPAD pada pukul 23.50 WIB.

“Berita duka. Innalillahi Wainna illaihi roji’un, kami sekeluarga turut berduka cita dan belasungkawa sedalam2nya atas berpulangnya Bapak. Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi jam 23.50 di RSPAD,” tulis Dipo Alam dalam Twitternya dikutip Dari Merdeka.com (26/10/2021).

Kabar meninggalnya Sudi Silalahi itu mendapat ucapan belasungkawa dari para menteri era SBY lainnya Zulkifli Hasan. Mantan Menteri Kehutanan ini mengucapkan belasungkawa atas wafatnya rekannya tersebut.

“Allahummaggirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu. Selamat jalan Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi. Belasungkawa saya sampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran,” ujar Zulkifli dikutip dari akun Twitternya @ZUL-Hasan.

Sudi Silalahi adalah pensiunan jenderal TNI bintang tiga dengan karir moncer di pemerintahan pada zaman Presiden SBY. Selama 10 tahun kepemimpinannya, SBY mempercayakan posisi strategis kepada Sudi.

Tercatat, pada lima tahun pertama SBY, Sudi menjabat sebagai sekretaris kabinet (2004-2009). Usai kembali terpilih, Sudi pun masih duduk di pemerintahan.

Kali ini SBY mempercayakan jabatan menterei sekretaris negara (2009-2014). Bahkan, sebelum menjadi menteri, Sudi sempat menjadi sekretaris SBY saat menjabat Menko Polkam di era kepemimpinan Presiden Megawati.

Karir di militer pun tak kalah moncer. Sebagai purnawirawan bintang tiga, Sudi menduduki sejumlah jabatan strategis setelah lulus dari AKBRI tahun 1972. Mulai dari Wakil Assospol Kasospol ABRI, Kepala Staf Kodam Jaya hingga Pangdam V Brawijaya di Surabaya. (Uli)