loading...

Mengenal Tiga Tarian Khas Kota Depok

FOTO: net/indolinear.com
Kamis, 9 Juli 2020
Depok | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok – Depok adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat yang terletak tepat di selatan Jakarta.

Kata Depok sendiri berasal dari kata dalam bahasa Sunda yang berarti pertapaan atau tempat bertapa.

Depok dahulu adalah kota kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor yang kemudian mendapat status kota administratif pada tahun 1982. Depok ditetapkan menjadi kotamadya (sekarang: kota) sejak 20 April 1999. Kota Depok terdiri atas 11 kecamatan yang dibagi menjadi 63 kelurahan.

Di Kota Depok lumayan mudah untuk menemui sanggar-sanggar tari tradisional namun semakin sepi peminat. Di depok ada tiga tarian khas yang orang belum banyak tahu. Berikut tiga tarian tersebut.

Tari Godeg Ayu

Pencipta Tari Godeg Ayu adalah Wulandari S.Sn dari Sanggar Tari Ayodya Pala. Tari Godeg Ayu merupakan tari kreasi yang berpijak dari kesenian topeng asli Cisalak, Depok. Tarian tersebut menggambarkan dinamika kehidupan gadis yang menginjak dewasa dengan kodratnya yang khas. Semuanya terpadu dalam pribadi yang penuh harapan, cita-cita dan cinta yang tidak terlepas dari konflik. Konflik tersebut membuat dilema tantangan yang menyelimuti kehidupannya.

”Hal itulah yang menjadi isi sentral dalam karya tari ini yang ditata dalam suatu bentuk susunan tari kelompok.” katanya.

Tari Topeng Cisalak

Nama Topeng Cisalak sendiri diberi orang tuanya berdasarkan tempat menetap dan kesenian topeng berkembang saat itu di Kampung Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Padahal pertama kali muncul tahun 1918 Topeng Cisalak bernama topeng Kinang oleh dua pelopornya Djioen dan Mak Kinang.

Beberapa gerakan dasar tarian pembuka semisal rapat nindak, tenggang rapat, pakbang dan blongter dilakukannya dengan sangat baik. Terkadang ayunan badannya yang luwes diiringi senyum simpul godaan para nayaga yang tepat berada di balik tirai. Sejurus kemudian sang penari membalikkan badannya membelakangi penonton dengan tidak henti-hentinya menggoyangkan bagian pinggulnya. Diambilnya topeng berwarna putih sebagai tarian topeng pembuka dari tiga tarian yang akan dimainkannya dalam tarian Topeng Tunggal.

Topeng putih merupakan Topeng Panji yang melambangkan kelembutan tersebut dibawakannya lewat tarian yang lemah lembut. Konon, kelembutan tarian topeng itu sekaligus sebagai tarian untuk menyambut penonton setiap pegelaran tari topeng Cisalak maupun Topeng Betawi. Usai mengenakan topeng Panji, sang penari pun kembali berbalik membelakangi penonton. Ditaruhnya topeng tersebut dan dikenakannya topeng berwarna merah muda (topeng Sanggah). Gerakan penari terlihat lebih atraktif dan agresif.

Tari Nayuban

Tari Nayuban, merupakan penampilan tarian Khas asal tanah Baru, Depok, yang merupakan cikal bakal tarian doger karawang, dan jaipongan Jawa Barat.(pit)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: