Mengenal Si Cantik ‘Janda Bolong’, Harganya Bisa Ratusan Juta Rupiah

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 8 Desember 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Karantina di rumah karena pandemi membuat banyak orang memiliki hobi baru, salah satunya bercocok tanam. Hal ini membuat harga tanaman hias melambung tinggi karena mengikuti pasar, seperti tanaman Monstera jenis adansone, obliqua, dan variegata.

Orang Indonesia menyebut tanaman berdaun cantik tersebut sebagai Janda Bolong. Mengapa disebut demikian? Karakteristiknya memiliki daun lebar hijau dan bagian tengahnya bolong, dilansir dari Dream.co.id (07/12/2020).

Kondisi bolong di tengah daun justru yang membuat tanaman ini unik dan banyak dicari. Dikutip dari KlikHijau, para peneliti berspekulasi bahwa lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens.

Janda Bolong cukup toleran dengan kondisi ruangan yang minim pencahayaan alami. Tanaman ini juga tahan ditempatkan di area dengan pendingin ruangan. Pemilik pun tak perlu repot-repot memindahkan monstera dari dalam ke luar ruangan hanya demi mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Lingkungan yang sejuk mungkin membuatnya tumbuh lebih lambat, namun warna daunnya berubah menjadi lebih pekat dan indah dibandingkan saat tumbuh di ruang terbuka yang panas. Rata-rata suhu ruangan ideal untuk monstera adalah 23-30 derajat Celcius untuk siang hari.

Tanaman ini sangat pas untuk di dalam ruangan karena bisa memperindah dan dapat memperbaiki kualitas udara. Harganya kini di pasaran untuk pot kecil mulai dari Rp400 ribu.

Ada juga mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Biasanya yang harganya selangit memiliki dua warna pada daunnya berupa hijau dan putih yang sebenarnya merupakan kondisi daun karena kekurangan klorofil. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: