Mengenal Sepuluh Sosok Wanita Yang Berjasa Di Dunia Otomotif

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 1 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Meski dunia otomotif identik dengan kaum laki-laki, pada kenyataannya wanita berperan penting dalam sejarah perkembangannya.

Menariknya lagi, sederet perempuan tersebut sebagian malah berasal dari berbagai profesi yang tidak memiliki hubungan dengan bidang mekanik.

Salah satu dari mereka ada yang berprofesi sebagai matematikawan dan seorang pemeran film. Meski begitu, penemuannya di bidang otomotif menjadi cikal bakal pengembangan kendaraan bermotor hingga sekarang.

Nah, berikut ini 10 wanita paling populer dan berpengaruh di dunia otomotif dunia dari masa ke masa yang dilansir dari Liputan6.com (30/08/2020).

  1. Bertha Benz – 1888

Bertha Benz merupakan wanita pelopor perusahaan mobil mewah asal Jerman, Mercedes-Benz. Tidak hanya itu, dirinya sendiri adalah orang pertama yang mengendarai mobil jarak jauh secara ilegal. Dari hal tersebut muncullah perbaikan, seperti bantalan rem dan perpindahan gigi.

  1. Margaret A. Wilcox – 1893

Kemudian ada Margaret A. Wilcox yang merupakan insinyur wanita pertama di masanya dan juga penemu pemanas mobil pertama. Hasil ciptaannya tersebut menjadi cikal bakal dari sistem pemanas modern.

  1. Mary Anderson – 1903

Tahukah Otolovers jika wiper kaca mobil yang dipakai sampai sekarang merupakan penemuan dari seorang wanita? Yup, itulah Mary Anderson yang telah mengembangkan wiper kaca depan fungsional pertama.

  1. Alice Huyler Ramsey – 1909

Alice Huyler Ramsey merupakan pendiri Women’s Motoring Club. Tidak hanya itu saja, ia juga wanita pertama yang mengemudi dari pantai ke pantai di Amerika Serikat.

  1. Florence Lawrence – 1941

Florence Lawrence adalah seorang pemeran film, namun ia berhasil menemukan sinyal belokan (lampu sein) dan lampu rem. Hanya saja penemuannya ini tidak dipatenkan dan alhasil Lawrence tidak mendapatkan pujian atau apapun.

6.Hedy Lamarr – 1942

Wanita ini merupakan penemu perangkat radio tunggal. Hasil ciptaannya ini menjadi batu loncatan dalam perkembangan teknologi seluler, seperti Blueetooth, Wifi, dan lain-lain.

  1. DR. Gladys West – 1956

Gladys West merupakan matematikawan yang dipekerjakan di Lab Senjata Angkatan Laut AS. Pemrogramannya di IBM menjadi dasar pengembangan GPS.

  1. Michelle Christensen – 2005

Wanita ini adalah desainer eksterior pertama yang dipekerjakan Honda/Acura. Dirinya diketahui juga sebagai perempuan pertama yang memimpin tim desain untuk produksi mobil dengan desain atraktif.

  1. Danica Sue Patrick – 2008

Penyuka dunia balap tentu tak asing dengan nama Danica Sue Patrick. Wanita tersukses dalam dunia balap dunia.

Dia merupakan wanita yang mampu memenangkan perlombaan balap Indy Japan 300 pada 2008. Selain itu, Danica juga merupakan pembalap wanita pertama yang memenangkan kejuaraan NASCAR Cup Series di Daytona 500.

  1. Mary T. Barra – 2014

Mary T. Barra merupakan CEO wanita pertama di General Motors. Di bawah kepemimpinannya, GM menduduki peringkat pertama dalam kesetaraan gender. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: