Mengenal Beragam Varian Yamaha Vixion Dan Simulasi Cicilannya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 4 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Yamaha Indonesia bermain di kelas naked bike terjangkau dengan menawarkan Vixion. Terdapat tiga varian yang bisa dipilih konsumen, yaitu Vixion standar, Vixion R, dan Vixion Monster Energi MotoGP Edition.

Masing-masing ditawarkan dengan harga Rp28,740 juta, Rp32,445 juta, dan Rp28,650 juta OTR Jakarta. Ketiganya memiliki diferensiasi dari sisi tampilan hingga mesin. Berikut kami paparkan spesifikasi lengkap sekaligus simulasi kredit terbaru.

Yamaha Vixion standar dengan Vixion Monster Energi MotoGP Edition sejatinya punya kesamaan. Yang membedakan hanya dari sektor visual. Buat edisi spesial didominasi warna hitam. Hampir seluruh tubuhnya berkelir gelap. Ditambah dengan corak biru di tangki dan beberapa tarikan garis di shroud dan bodi belakang. Sementara logo Monster berkelir hijau menempel di tiap sisi penampung bahan bakar dan sepatbor depan. Sisanya semua sama.

Buat Vixion versi standar ditawarkan dalam tiga varian warna, yakni Metallic Black, Metallic Red, dan Matte Blue. Ketiganya punya karakter yang berbeda-beda bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, dilansir dari Liputan6.com (02/07/2022).

Mettalic Black didominasi dengan warna hitam, dari bagian fascia sampai ke buritan. Kemudian diberi stripping kuning pada bagian shroud dan sedikit di bodi belakang. Visualnya lebih gagah dan misterius cocok untuk Anda yang menginginkan motor sport naked tanpa aksen warna yang cerah.

Mettalic Red punya tiga warna yang dipadukan. Tentu paling dominan adalah merah diimbangi dengan warna hitam dan sedikit stripping putih. Dan yang terakhir adalah Matte Blue, di mana untuk bagian bodi dari depan hingga belakang menggunakan cat dengan tekstur doff. Dipadu dengan beberapa striping putih, hitam, dan kuning yang disematkan pada bagian sayap dan juga bodi belakang. Kelir paling mencolok justru terlihat pada bagian velg. Pakai warna kuning cerah di kedua rodanya.

Spesifikasi

Jantung mekanis keduanya identik. Menggendong mesin berkapasitas 150 cc, satu silinder berteknologi SOHC dan berpendingin cairan. Di atas kertas, ia sanggup memuntahkan torsi puncak 14,5 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga maksimal 16,3 hp pada 8.500 rpm. Sistem transmisi yang dijadikan padanan 5-percepatan manual.

Buat kinerja mesin terbantu dengan hadirnya assist & slipper clutch. Sebuah fitur yang berfungsi menunjang kenyamanan pengendara. Memudahkan dalam pengoperasian kopling dan transmisi. Pastinya pula mereduksi gejala ban slip kala Vixion melibas tikungan. Keberadaannya jelas menjadi nilai utama di samping terapan desain barunya.

Beda lagi dengan Vixion R. Tampang boleh sama namun bedanya cukup kentara. Saat kita mengalihkan pandangan ke sektor mesin, cover blok tampak berbeda warna. Varian tertinggi dibekali jantung mekanis berkubikasi 155 cc.

Otomatis output tenaga berbeda. Vixion R punya tenaga 19 Hp di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Bisa dilihat sendiri, perbedaan paling signifikan adalah grafik tenaga. Itu lantaran ia sudah menganut teknologi Variable Valves Actuation (VVA). Selain itu, juga memiliki tugas mengoptimalkan setiap tenaga dan torsi yang keluar di setiap putaran mesin. Terapan inilah yang tidak dimiliki oleh Vixion standar.

Meski sama-sama pakai rangka tipe Deltabox, dimensinya sedikit berbeda. Wheelbase Vixion R (1.320 mm) lebih panjang 25 mm dari Vixion (1.295 mm). Bahkan, Vixion R punya bobot total 131 kg atau lebih ringan 1 kg dari saudaranya. Rupanya ini dikarenakan kapasitas tangkinya cuma 11 liter. Sementara daya tampung bensin Vixion standar adalah 12 liter.

Area kaki-kaki juga jadi pembeda keduanya. Vixion biasa mengedepankan motif bintang. Sementara Vixion R dibuat dengan motif ‘Y’ miring. Under cowl-nya pun demikian. Model pada Vixion R dicetak lebih dinamis dan nyaris menutupi mesin.

Kemudian, desain knalpot Vixion cenderung kurus. Berbeda bentuk juga dengan Vixion R yang lebih besar dan berotot. Bagian lain yang berbeda juga terlihat pada penggunaan swing arm, versi tertinggi berbahan aluminium dengan desain unik, banana arm. Didukung lagi oleh pilihan ban belakang 130/70-17. Lebih besar satu ukuran dari Vixion (120/70-17). Uniknya, Vixion masih punya kickstarter, sedangkan versi R tak ada. Padahal keduanya sudah disematkan electric starter.

Fitur modern lainnya masih identik antara keduanya. Sebutlah headlamp dan stoplamp LED, lampu hazard dan engine cut off. Tapi untuk Vixion R punya panel meter lebih canggih. Bagian atas telah dibubuhi shift timing light. Diturunkan langsung dari kepunyaan Yamaha R25 maupun R15. Aplikasi ini pun tak dipunyai Vixion.

Simulasi kredit

Sejatinya buat Vixion standar dan Vixion Monster Energi MotoGP Edition memiliki selisih harga yang tidak terlampu jauh, cuma Rp90 ribu. Simulasi kredit keduanya juga tergolong mirip. Jadi kami berikan informasi skema cicilan dalam satu harga.

Uang pangkal termurah sebesar Rp2,874 juta atau 10 persen dari harga jual. Cicilan tercepat disediakan selama 12 bulan, dan dana yang harus dikeluarkan Rp2,651 juta/bulan. Pilihan selanjutnya bisa dengan kredit 2 tahun, duit yang digelontorkan sebanyak Rp1,583 juta/bulan. Bisa juga untuk 3 tahun cicilan. Jumlah yang wajib dibayarkan Rp1,245 juta/bulan.

Jika skema kredit di atas masih dirasa besar, bisa disiasati dengan membayar Down Payment (DP) sebesar Rp8,6 juta atau 30 persen dari harga tertera. Jadi perbulanya cuma kena Rp2,062 juta selama 1 tahun. Atau dengan angsuran selama 2 tahun, jumlah yang harus Anda bayar Rp1,231 juta/bulan. Ingin lebih murah lagi, bisa menambah lama cicilan. Selama 3 tahun cukup membayar Rp968 ribu.

Selanjutnya buat tipe tertinggi atau Vixion R. Sesuai ketentuan pihak leasing, nominal termurah untuk Down Payment (DP) minimal 30 persen dari harga tertera. Budget yang harus dikeluarkan berarti sebesar Rp9,8 juta. Jika ambil tempo 1 tahun, Anda harus menebus Rp2,716 juta/bulan. Untuk 2 tahunnya, Anda dikenakan biaya Rp1,505 juta/bulan. Lebih murah lagi dengan lama angsuran 3 tahun, cuma bayar Rp1,170 juta/bulan.

Bisa juga dengan membayar DP lebih besar, Rp11 juta. Uang muka segitu, angsuran paling rendahnya Rp1,115 juta dengan lama pembayaran 35 bulan. Kemudian Rp1,432 juta/bulan selama 2 tahun atau Rp2,582 juta/bulan selama 1 tahun.

Angka di atas yang kami berikan ini bersumber dari simulasi kredit motor yang ada di web resmi Yamaha Indonesia. Tentunya besaran yang kami jabarkan hanya sebagai gambaran, tidak bisa menjadi patokan. Karena setiap diler dari masing-masing daerah, harganya tidak sama. (Uli)

loading...