Mengapa Warna Jersey Timnas Italia Berbeda Dengan Warna Bendera Mereka?

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 29 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Italia – Jersey utama timnas Italia berwarna biru, sungguh berbeda dengan warna bendera mereka.

Seperti diketahui, warna bendera Italia terdiri dari hijau, putih, dan merah. Namun, mengapa timnas Italia memilih menggunakan jersey atau kaus berwarna biru?

Banyak orang akan berpendapat karena sesuai dengan julukan timnas Italia, yakni Gli Azzuri yang berarti biru. Jawaban tersebut memang benar adanya secara harfiah.

Akan tetapi, ada sejarah yang mendasari alasan timnas Italia maupun tim olahraga asal Negeri Pizza tersebut menggunakan warna biru.

Mengutip dari Kompas.com (28/06/2021), penggunaan warna biru di tim sepak bola Italia berasal dari penghormatan kepada Rumah Savoy atau Casa Savoia.

Cerita tersebut berawal dari kejadian pada tahun 1366. Kala itu, tokoh-tokoh perjuangan Italia seperti Conte Verde dan Amedeo VI dari Savoy mengibarkan bendera biru berukuran besar di kapal.

Tujuan pengibaran bendera tersebut untuk menghormati Madonna.

Merunut sejarah Italia, Madonna atau Ma Donna berarti Tuan Putriku dan merujuk kepada sosok Bunda Maria.

Nama Madonna juga ada dalam salah satu seniman era Renasains Italia, Sandro Botticelli, sekitar pada tahun 1480.

Sang seniman melukis sosok Madonna mengenakan pakaian luar (outer) berwarna biru. Lukisan berjudul Madonna del Libro atau Madonna of the Book itu kini disimpan di museum Poldi Pezzoli, Milan.

Jauh sebelum penghormatan tersebut, warna biru juga tenar di kalangan pejuang, tepatnya saat Perang Salib yang dipelopori oleh Paus Urbano V. Saat itu, bendera dan syal warna biru akrab dipakai oleh para tokoh perjuangan perang Italia.

Selain itu, warna biru juga digunakan warna kebesaran Kerajaan Italia sekaligus menandakan eksistensi monarki di negara tersebut. Hingga kini, warna biru atau Gli Azzuri selalu melekat di tim olahraga atau kontingen Italia.

Artinya, tidak hanya tim sepak bola saja yang menggunakan warna khas biru, tetapi juga cabang olahraga lainnya seperti rugby hingga hockey. Begitu juga dengan julukan Gli Azzuri tidak hanya dipakai untuk tim sepak bola Italia tetapi juga cabor lainnya.

Kendati begitu, timnas sepak bola Italia pernah menggunakan warna hitam untuk jersey utama mereka. Tepatnya ketika berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia 1938 melawan Norwegia dan Perancis. Alasannya adalah karena kekuasaan Benito Mussolini, diktator Italia pada periode 1922-1943.

Namun, setelah lengser, timnas Italia kembali berbalut jersey warna biru dan mengemban julukan Gli Azzuri lagi. (Uli)