Mengapa Tubuh Terasa Lebih Lelah Walau Hanya Di Rumah Saja?

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 21 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bekerja, belajar, dan beraktivitas di luar rumah seperti yang kita lakukan sehari-hari memang bisa melelahkan. Hal ini kerap membuat kita ingin tidur-tiduran saja di rumah dan bersantai sambil menghabiskan waktu.

Pada saat ini, banyak orang yang menghabiskan waktu lebih banyak di rumah dan memiliki banyak waktu untuk tidur-tiduran. Namun, siapa sangka bahwa berada di rumah seperti yang kita idam-idamkan selama ini ternyata juga sangat melelahkan.

Hal ini tentu saja membuat banyak orang bertanya-tanya. Pasalnya, walau sudah tinggal di rumah saja dan lebih banyak waktu tiduran, namun tubuh mereka malah terasa lelah.

Nyatanya, terdapat sejumlah alasan mengapa tubuh kita lebih mudah lelah walau hanya di rumah saja. Dilansir dari Merdeka.com (19/07/2021) berikut penyebab mengapa tubuh terasa lelah walau kita hanya di rumah saja.

Kurangnya Waktu di Luar Ruangan

Tinggal di rumah saja membuat kamu kekurangan waktu berada di luar ruangan. Di dalam ruangan dalam sejumlah waktu membuat kamu kurang paparan sinar matahari sehingga mempengaruhi jam alami tubuh.

Hal ini berpengaruh pada siklus bangun dan tidur karena tubuh membutuhkan paparan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Gangguan pada jam tubuh bisa berdampak pada kemampuan untuk fokus sehingga kamu merasa lelah.

Penelitian menyebutkan bahwa menghabiskan waktu di alam bisa meningkatkan energi fisik dan mental seseorang sehingga membuatmu merasa lebih hidup. Hal ini sayangnya pada saat ini tidak bisa kamu lakukan dengan mudah karena hanya berdiam saja di rumah.

Kurang Sosialisasi           

Tinggal di rumah saja juga bisa berdampak munculnya kebosanan dan kelelahan karena beberapa orang memperoleh energi dari interaksi dengan orang lain. Sayangnya, pada saat ini, interaksi dengan orang lain tidak bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Banyaknya berita buruk yang muncul saat ini bisa menyebabkan tekanan pada otak yang berujung rasa lelah. Ketika kepalamu dipenuhi dengan rasa khawatir terhadap keadaan, hal ini bisa membuatmu menjadi merasa sangat lelah.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Menghabiskan waktu dalam posisi yang sama baik duduk atau berbaring bisa menyebabkan kemampuan tubuh menyerap oksigen jadi menurun. Hal ini bisa menyebabkan turunnya tingkat energi serta motivasi sehingga kamu jadi merasa lelah dan terusik.

Lima hal tersebut sangat rentan kamu alami pada masa-masa berdiam diri di rumah seperti saat ini. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap berolahraga walau dalam rumah serta berjemur untuk membuat tubuh tetap stabil. (Uli)