Mengantongi Banyak Data Dari BL-SEV01, UBL Siap Kembangkan Kendaraan Listrik Lain

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 19 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Universitas Budi Luhur (UBL) sukses melakukan uji jalan motor listriknya, Sport Electric Vehicle 01 alias BL-SEV01. Rute yang dipilih tak tanggung-tanggung yakni dari Jakarta menuju Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Selama pengujian tersebut banyak informasi serta data baru dan juga pengalaman yang didapat. Hal ini membuat Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik UBL semakin siap untuk mengembangkan kendaraan listrik lainnya pada masa mendatang.

Perjalanan BL-SEV01 menempuh jarak 1.340 km berhasil memberikan banyak data dan informasi baru yang bisa digunakan untuk menghadirkan kendaraan listrik yang jauh lebih bertenaga, jarak lebih jauh, serta daya tahan lebih baik.

Hal ini tidak terlepas dari kemampuan BL-SEV01 yang sudah teruji mampu menghadapi berbagai kondisi jalanan, dan cuaca dengan baik tanpa ada kendala yang berarti, serta bisa menyelesaikan tantangan touring.

Dijelaskan Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik UBL, Sujono, perjalanan touring kali ini bukan hanya sekadar ajang pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai sebuah kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh, bertenaga, serta bisa digunakan di jalan raya dengan baik.

“Seluruh kejadian dan masukan yang ada selama perjalanan kami kumpulkan dan akan kami olah lebih jauh lagi, sehingga diharapkan kami bisa menghadirkan kendaraan listrik lainnya yang lebih tangguh, bertenaga, dan memiliki daya tahan lebih baik dari kendaraan-kendaraan yang sudah kami kembangkan selama ini,” jelasnya, saat penyambutan tim touring BL-SEV01, dilansir dari Liputan6.com (17/10/2021).

Spesifikasi

Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta – Mandalika ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

Kemudian untuk BL-SEV01 dirancang dengan model motor sport bergaya cafe racer yang sporty dan menarik perhatian.

Tercatat, dengan dirampungkannya perjalanan touring Jakarta – Mandalika, BL-SEV01 menjadi sepeda motor buatan mahasiswa pertama yang melakukan perjalanan terjauh sampai saat ini.

“Kami patut berbangga dengan segala pencapaian yang sudah diraih oleh Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur sejauh ini. Meski demikian, kami tidak ingin tenggelam dan berhenti sampai di sini saja karena kami akan kembali melakukan riset dan siap untuk menghadirkan kendaraan listrik yang lebih dari apa yang sudah dicapai saat ini,” pungkasnya. (Uli)