Mengantisipasi Banjir, Kecamatan Batu Ceper Buat Biopori Jumbo

FOTO: kabar6.com/indolinear.com
Minggu, 10 Februari 2019

Indolinear.com, Kota Tangerang – Polsek Batu Ceper melaksanakan kegiatan pembuatan biopori berukuran jumbo. Program tersebut merupakan program Kampung Iklim Bebas Banjir di tujuh Kelurahan yang ada di Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang.

Kegiatan yang berlangsung mulai Rabu, (30/1/2019) adalah salah satu upaya penanganan banjir di musim penghujan ini.

Kegiatan yang dipelopori oleh Camat Batu Ceper, Nur Hidayatullah ini telah disosialisasikan kepada warga di tujuh Kecamatan di Kecamatan Batu Ceper, dilansir dari Kabar6.com (09/02/2019).

Biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Diketahui, Biopori memiliki segudang manfaat secara ekologi dan lingkungan, yaitu memperluas bidang penyerapan air dan meningkatkan kesehatan tanah, biopori mampu meningkatkan daya penyerapan tanah terhadap air sehingga risiko terjadinya penggenangan air (waterlogging) semakin kecil.

Air yang tersimpan ini dapat menjaga kelembaban tanah bahkan di musim kemarau, Keunggulan ini dipercaya bermanfaat sebagai pencegah banjir. Dinding lubang biopori akan membentuk lubang-lubang kecil (pori-pori) yang mampu menyerap air.

Setelah mensosialisasikan program biopori tersebut maka Nur Hidayatullah memberikan beberapa arahan kepada warga untuk selalu siap dan tanggap menghadapi musim hujan.

“Unsur tiga pilar Kecamatan Batu Ceper telah berkomunikasi dalam menghadapi musim hujan sehingga sesuai dengan perintah bapak Walikota Tangerang, kita harus tanggap di dalam menghadapi musim hujan. Mari kita bersih-bersih drainase kita jangan sampai banyak sampah yang menggenang kita wajib komunikasikan kepada warga agar kita adakan kerja bakti. Kita buat program bipori untuk warga agar terserap air dengan intensitas tinggi, marilah kita melaksanakan dan membuat hasil dengan cara membuat program bipori di tujuh kelurahan se-Kecamatan Batu Ceper, ujarnya. (Uli)