Mendulang Emas Pakai Alat Sederhana, Pria Ini Kaya Mendadak

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 16 Desember 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Semua orang pasti suka dengan emas karena memiliki nilai yang tinggi. Karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba menambang emas, baik dengan cara yang sederhana maupun yang modern.

Baru-baru ini sebuah video penambangan emas secara tradisional yang dilakukan di satu sungai menjadi viral di jagat maya.

Video tersebut dibagikan oleh kanal YouTube Nepri Andries yang melakukan penambangan emas dengan alat sederhana di sungai, dilansir dari Dream.co.id (15/12/2021).

Mendulang Emas di Pinggir Sungai, Pria Ini Kaya Mendadak

Dalam video berdurasi 24 menit 18 detik itu, Andries mendulang emas di pinggiran sungai yang kemungkinan berada di tengah hutan.

Dengan menggunakan alat sederhana yang terdiri dari karung plastik, keset sabut kelapa, dan sebuah cangkul mini, dia akhirnya menemukan emas di sungai tersebut.

Awalnya, Andries membendung aliran air dengan sebatang kayu yang ditemukan di pinggiran sungai. Setelah itu dia memasang ‘jaring’ emas dari karung plastik dan keset yang ditanam di bawah permukaan air sungai.

Begini Cara Mendulang Emas secara Tradisional

Andries kemudian mulai mengambil tanah di bantaran sungai kecil itu yang dianggapnya mengandung emas dalam jumlah lumayan.

” Ini lokasi baru sobat dan penasaran mau mendulang. Karena saya lihat ini (tanah) sepertinya bahannya sangat menggoda, biasanya bahan seperti ini jarang tidak mengandung emas,” kata Andries.

Bongkahan demi bongkahan tanah bercampur batu pun ditaruh di atas keset dan digosok agar lebih halus.

Mungkin Terlihat Membosankan

Hasil gosokkan berupa tanah berlumpur akan jatuh ke dalam karung plastik yang ditaruh di bawah keset sabut kelapa.

Dengan cara itu, Andries berharap ada emas yang jatuh di karung plastik meski masih bercampur dengan lumpur dan tanah.

Bagi yang belum terbiasa melihat orang mendulang emas, aksi yang dilakukan Andries secara berulang-ulang itu tentu membosankan.

Sebagian besar mungkin menganggap tindakan Andries mendulang emas secara tradisional di sungai tersebut adalah pekerjaan sia-sia.

Akhirnya Menemukan yang Dicari-cari

Beberapa menit kemudian, Andries mengangkat keset dan karung plastik untuk dibersihkan di tempat lain di sekitar sungai itu.

Setelah beberapa saat membersihkan batu dan lumpur di alat pendulang emas, Andries pun mendapatkan apa yang dicarinya.

Dia menemukan beberapa butiran emas di alat pendulang tersebut. Andries sangat senang akhirnya bisa menemukan emas di sungai tersebut.

” Alhamdulillah sobat, sesuai yang saya bilang, ini sobat lihat sudah kelihatan emasnya. Alhamdulillah kita menemukan lokasi yang baru dengan hasil yang baru sobat,” kata Andries penuh syukur.

Jadi Ketagihan Mendulang Emas

Selain senang karena bisa mendapatkan emas, Andries juga merasa bahagia lantaran dia menemukan lokasi baru untuk mendulang emas.

Dengan penemuan tersebut, Andries mengatakan dia akan kembali ke lokasi tersebut untuk mendulang emas lagi menggunakan cara yang sama.

” Saya sangat senang bukan karena saya mendapatkan hasilnya, namun saya sangat senang karena menemukan lokasi baru ini dan bisa sobat lihat masih banyak. Oke sobat saya akan kembali ke lokasi ini lagi untuk mendulang emas,” pungkas Andries. (Uli)