Mendukung Parlemen Modern, Arsip DPR Kuatkan Kinerja Dewan

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Jumat, 26 November 2021
loading...

Indolinear.com Jakarta – DPR RI kini sedang bertransformasi menjadi parlemen modern di dalam demokrasi tanah air. Berada di dalam lembaga yang dinamis baik dari sisi internal maupun ekstenal, Bagian Arsip Sekretariat Jenderal DPR RI konsisten melaksanakan kegiatan pemuktahiran kearsiapan harus demi mewujudkan penguatan keterwakilan rakyat, keterbukaan informasi publik, dan penggunaan teknologi informasi komunikasi.

Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti mengungkapkan hal tersebut saat membuka diskusi ‘Penyelamatan dan Pelestarian Arsip DPR RI’ di Jakarta Selatan. Turut hadir Sekjen DPR RI, Kepala ANRI, dan Komunitas Historia Indonesia. Kearsipan di lingkungan DPR RI harus mengupayakan inovasi baik dari cara penyimpanan, perawatan, hingga pemanfaatan teknologi.

“Kami ingin kualitas pengelolaan kearsipan DPR RI selalu ditingkatkan. Kearsipan butuh pembaharuan dan inovasi, baik dari cara penyimpanan, perawatan, hingga pemanfaatan teknologi. Hal ini dimaksudkan, agar peran arsip sebagai pemersatu dan pembaharu bangsa dapat terus diaktualisasikan.” tutur politisi Partai Gerindra itu, dilansir dari Dpr.go.id (25/11/2021).

Di tengah berbagai tuntutan untuk bekerja lebih baik, Novita mengapresiasi Arsip Setjen DPR RI yang selalu berupaya beradaptasi dengan perubahan yang bterjadi. Ke depannya, ia berharap Arsip Setjen DPR RI tidak berhenti meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan di lingkungan DPR RI yang profesional dan taat asas.

“Saya sangat mendukung tata kelola kearsipan DPR RI yang secara profesional dan taat asas. Tata kelola kearsipan mengenai data dan informasi terkait kinerja DPR RI, merupakan hal yang harus terus dijaga dalam upaya menguatkan memori kolektif bangsa mengenai kinerja Dewan.” tutup Anggota Komisi V DPR RI itu.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan Penyelamatan dan Pelestarian Arsip DPR RI dengan tema “Ada Bukti Dan Sejarah Kinerja Dewan di Kearsipan DPR RI ini dilaksanakan sebagai bentuk konsistensi Bagian Arsip Setjen DPR RI dalam menjalankan regulasi, akuntabilitas, dan transparansi pengelolaan arsip di lingkungan DPR RI.

Dalam upaya menjalankan perannya, Arsip Setjen DPR RI berusaha andil menguatkan memori kolektif bangsa terhadap kinerja Dewan. Oleh karena itu, penyelamatan dan pelestarian arsip DPR RI secara berkala dilaksanakan demi menjaga arsip yang valid dan autentik guna pengambilan keputusan yang lebih baik di masa mendatang. (Uli)