Mencegah Penyalahgunaan OTP, Apple Dan Google Bakal Buat SMS Lebih Aman

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 13 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Apple adalah perusahaan yang terkenal tak terlalu suka berkolaborasi dengan pihak lain. Segala sesuatunya, kerap digarap sendiri oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut.

Nah, kali ini, dalam sebuah upaya perlindungan konsumen, Apple berkolaborasi dengan Google.

Melansir dari Merdeka.com (12/02/2020), beberapa insinyur dari Apple mengusulkan ide yang dapat meningkatkan keamanan agar mencegah phising, dan Google ada dalam proyek tersebut.

Insinyur dari Apple Webkit, yang merupakan komponen inti dari peramban Apple Safari, telah mengembangkan format standar untuk otentikasi dua faktor untuk SMS. Sistem keamanan ini berupa kode sandi OTP (one time passcode), agar pengguna tak bisa jadi korban phising.

Pengembangan ini, disebut telah didukung oleh Google lewat insinyur-insinyurnya yang bekerja di Chromium. Jika dari pengembangan Google, fitur SMS tersebut akan berisi URL login yang unik untuk tiap penggunanya.

Format SMS ini akan segera distandardisasi, sehingga peramban seluler seperti Safari dan Chrome secara otomatis dapat mengenali link phising.

Permasalahan utamanya, penipuan phising dapat diminimalisir namun penipuan telepon tetap menghantui pengguna.

Tentu tetap harus ada pengingkatan kesadaran bagi pengguna untuk tidak memberikan kode OTP ke siapapun, karena jalur penipuan paling sederhana adalah samaran penipu yang meminta kode OTP kita dari SMS. (Uli)

INDOLINEAR.TV