Mencegah Kebocoran Kabin, Begini Cara Merawat Karet-Karet Pada Mobil

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 7 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Berkendara saat hujan memang sangat dikhawatirkan para pengendara mobil. Hal ini karena adanya ancaman mulai dari visibiltas berkurang hingga terjadi harus melewati kondisi jalan banjir.

Namun ada yang patut diwaspadai juga ketika berkendara saat hujan, yaitu terjadi kebocoran. Sebab, hal ini bisa saja terjadi pada semua mobil.

Dilansir dari Liputan6.com (05/01/2020), kebocoran bisa dikarenakan pemilik kendaraan sering kali lupa dengan perawatan karet atau seal yang posisinya tersebar di sekitaran eksterior hingga interior.

Jika tak dicek, bukan tak mungkin karet menjadi keras dan getas. Apabila hal itu terjadi, bukan tak mungkin ketika hujan, air akan masuk melalui celah karet yang retak.

Adapun cara untuk merawat karet-karet pada mobil ini antara lain:

Cara Merawat

Pertama, karet yang harus di cek adalah karet pada bagian jendela. Jika karet ini kaku atau rusak, air hujan ataupun kotoran pasti akan masuk ke dalam sela-sela tersebut.

Biasakan untuk menyemprotkan cairan khusus karet, hal ini tentunya akan memiliki manfaat bagi karet di mobil agar tidak mudah getas dan kering.   Kedua, cek karet atap mobil, karet kaca depan, karet pada engsel pintu. Perawatannya memang tidak rutin setiap hari, namun memang saja harus ada waktu periodik untuk pengecekan.

Setidaknya satu atau dua minggu sekali, terutama saat cuaca berubah ekstrem tak menentu seperti saat ini.   Ketiga, hindari parkir di tempat panas. Bila mobil sering terparkir pada area yang terkena sinar matahari langsung. Karet jadi lebih cepat getas. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: