Membongkar Teknologi Blue Core, Dapur Pacu Skutik Masa Kini Yamaha

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 5 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Era semakin modern, bermunculan berbagai jenis motor dengan desain dan tampilan yang menawan. Tampilan motor memang penting tapi lebih krusial lagi adalah teknologi mesin yang menjadi pusat dapur pacu dari kendaraan tersebut. Punya motor bagus tapi tidak bertenaga dan tak tahan lama tentu akan membawa banyak masalah.

Untuk motor sehari-hari maupun touring, pilih All New NMAX 155 Connected/ABS yang mengusung Total New Engine Blue Core 155cc berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Lantas apa saja keunggulan Blue Core pada All New NMAX 155 Connected/ABS, dilansir dari Liputan6.com (03/11/2021).

Mesin bertenaga namun tetap irit

Hal pertama yang bisa dirasakan ketika menggunakan teknologi Blue Core adalah mesin sepeda motor yang lebih bertenaga namun tetap irit. Hal ini disebabkan oleh penyempurnaan yang dilakukan pada komponen mesin dan juga pengaturan sistem buka tutup katup. Jadi, kinerja ruang bakar lebih optimal saat bekerja.

Sebagai contoh, dengan pemakaian 1 liter BBM bisa digunakan untuk menempuh 50-60 km, bahkan bisa di atas 70 km jika pengendara konsisten mengendarai motor pada mode eco riding dan kondisi jalan yang baik.

Teknologi Injeksi Bahan Bakar (Fuel Injection) yang digunakan Yamaha juga merupakan teknologi FI yang canggih. Selain itu, motor dilengkapi banyak Sensor yang akurat, Ecu sebagai otak lebih advance dan Actuator (Injector, Fuel pump, Ignition coil, ISC) yang bekerja presisi sesuai analisa dari sensor.

Torsi merata di setiap putaran mesin

New Engine Blue Core 155cc berteknologi VVA ini memiliki torsi merata setiap putaran mesin. VVA pada All New NMAX 155 Connected juga terbukti membuat kinerja mesin semakin efisien dan bertenaga.

Tak hanya itu, pada sektor mesin, design ulang box filter udara, Intake manifold, ukuran dan sudut valve, Camshaft, Kompresi Rasio serta knalpot, menjadi faktor penting dalam menghasilkan mesin lebih bertenaga.

Energi hasil pembakaran yang sudah optimal, tentunya harus dipindahkan sampai ke roda belakang dengan optimal juga dengan cara mengurangi kerugian energi selama proses perpindahan energi itu berlangsung.

“Pada Mesin Blue Core, point utama untuk mengurangi kerugian energi adalah dengan cara mengurangi gesekan yang terjadi antar part. Misalnya titik pusat cylinder tidak persis di tengah titik pusat Crankshaft, penggunaan roller bearing pada rocker arm & part yang berputar,” tutur Slamet Kasianom, Service Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Andal melibas tanjakan dan dataran tinggi

Teknologi Blue Core dari Yamaha juga memungkinkan pengendara memiliki mesin motor yang lebih awet. Tak hanya itu, penggunaan teknologi ini membuat mesin yang tahan lama meski Anda sering menggunakan motor untuk melakukan aktivitas berkendara. Saat touring atau beraktivitas sehari – hari teknologi mampu melibas jalan yang berliku maupun tanjakan.

Selain keunggulan di atas, Anda juga bisa mendapatkan jenis kelebihan lain yang bisa didapatkan dari teknologi andalan dari Yamaha yang satu ini. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa banyak konsumen yang memilih motor yang telah dilengkapi dengan teknologi Blue Core Yamaha seperti All New NMAX 155 Connected.

Hal senada juga diutarakan oleh Slamet. Menurutnya Motor dan Spare part yang digunakan oleh Yamaha, sudah melewati Quality Control berstandar Yamaha Global dan dijual juga untuk Pasar Global, sehingga daya tahannya sudah tak diragukan lagi.

Selama mengikuti cara berkendara dan perawatan yang dianjurkan. Sebagai jaminan terhadap produknya YAMAHA memberikan garansi terhadap part tertentu selama 5 th/50rb Km, 3 th/36rb Km, 2 th/24rb Km & 1 th/12rb Km (detail lihat pada Buku Service & Garansi)

Dengan demikian, image Motor kencang pasti boros, Motor kencang pasti cepat rusak dan mahal, dihilangkan oleh Teknologi Blue Core dari Yamaha. (Uli)