Memasuki Musim Hujan, Sistem Kelistrikan Dan Karet-Karet Mobil Harus Diperhatikan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 3 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Beberapa wilayah di Indonesia, sudah memasuki musim hujan. Dan terkadang intensitasnya cukup deras atau dalam kondisi ekstrim. Hal tersebut pastinya mempengaruhi kondisi mobil, dan wajib bagi pemilik untuk lebih memperhatikan perawatan mobil kesayangannya.

Dijelaskan Brand Ambasador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, dalam kondisi ekstrim seperti saat ini, memang ada beberapa bagian yang harus mendapatkan perhatian khusus. Bagian itu, antara lain kelistrikan dan karet-karet mobil.

“Dalam kondisi ekstrim, kita harus antisipasi beberapa bagian, seperti kelistrikan dan karet. Ini hubungannya, dengan temperatur panas tinggi,” jelas Rifat dalam konferensi pers secara virtual, belum lama ini.

Lanjut Rifat Sungkar, hal selanjutnya yang harus diperhatikan, adalah wiper dan ban. Pasalnya, untuk wiper sendiri, tidak diketahui dengan pasti kapan harus diganti.

“Masalah ban, saya fokusnya bukan kapan rusak, tapi lebih kepada grip ban ketika melewati jalan saat hujan turun,” tegasnya, dilansir dari Liputan6.com (01/10/2021).

Rotasi ban

Sementara itu, pereli nasional ini juga menyarankan kepada pemilik kendaraan untuk melakukan rotasi ban setiap 10 ribu km.

“Penyilangannya itu X, atau dari depan kanan ke kiri belakang dan dari depan kiri ke kanan belakang. Untungnya, mobil Mitsubishi itu, bannya all around, bukan simetrikal, yang harus ada di posisi yang sama,” pungkasnya. (Uli)