Memasuki Musim Hujan, Empat Wilayah di Tangsel Rawan Bencana Banjir

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Minggu, 17 November 2019

Indolinear.com, Kota Tangerang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan mulai mewaspadai daerah yang rawan bencana banjir, longsor, atau pohon tumbang.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Tangerang Selatan Ade Wahyudi menjelaskan, selain memantau secara langsung, upaya untuk mengantisipasi sudah mulai dilakukan dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

“Melakukan koordinasi dengan dinas terkait, kelurahan, kecamatan serta dengan relawan dan masyarakat setempat,” ujar Ade, dilansir dari Wartakotatribunnews.com (16/11/2019).

Satuan dari BPBD juga sudah ditempatkan di titik yang dianggap rawan terjadi bencana menjelang musim penghujan.

Ade menjelaskan, terdapat beberapa kecamatan yang sudah masuk dalam daftar rawan bencana di antaranya Kecamatan Setu, Pondok Aren, Pamulang, dan Ciputat Timur.

“Saat ini BPBD Kota Tangerang Selatan juga telah memiliki satuan gugus tugas penanganan bencana yang ditempatkan di wilayah rawan bencana tersebut,” katanya.

Titik rawan bencana di Tangerang Selatan mengalami pengurangan setelah dilakukan sejumlah upaya untuk membenahi daerah oleh masyarakat dan pemerintah.

“Wilayah rawan bencana di Kota Tangerang Selatan saat ini sudah mulai berkurang dikarenakan adanya intervensi pemerintah melalui pembangunan dan peran serta masyarakat dalam menghadapi bencana,'” katanya.

Sebelumnya, Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan menyebutkan saat ini sedang memasuki masa peralihan musim atau pancaroba.

Hujan angin disertai petir pun kerap melanda Kota Tangerang Selatan selama November 2019 ini. (Uli)

INDOLINEAR.TV