Media AS Laporkan Penemuan Emas Pertama Di California

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 20 September 2021
loading...

Indolinear.com, California – Kali pertamanya tambang emas ditemukan pada Desember tahun 1848 di South Branch of The American Fork, tepatnya di perbukitan rendah yang membentuk dasar Sierra Nevada, Amerika Serikat.

Tambang emas berlokasi sejauh tiga puluh mil (48,2 km) dari New Helvetia, hanya tiga kaki (0,9 meter) di bawah permukaan, dalam lapisan/strata batu pasir lembut.

Selanjutnya dari eksplorasi selatan dua belas mil (19,3 km) dan utara lima mil (8 km) terdapat mineral yang juga melimpahnya.

Ketebalannya sebesar dua belas (3,6 meter) sampai delapan belas kaki (2,4 meter). Pada saat emas ditemukan, California adalah bagian dari wilayah Meksiko Alta California, yang diserahkan ke Amerika Serikat setelah berakhirnya Perang Meksiko-Amerika.

Dikutip dari Liputan6.com (18/09/2021), perang diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Guadalupe Hidalgo pada 2 Februari 1848.

Penemuan Emas Membuat Fenomena

New York Herald sebagai surat kabar besar pertama di Pantai Timur yang melaporkan penemuan emas tersebut pada 19 Agustus 1848. Pada tanggal 5 Desember 1848, Presiden James Polk mengkonfirmasi penemuan emas dalam pidatonya di depan Kongres.

Dari situ terjadilah gelombang imigran dari seluruh dunia, yang kemudian disebut “forty-niners”, menyerbu The Gold Country of California atau biasa disebut “Mother Lode”. (Uli)