Masyarakat Kota Tangerang Bisa Berbelanja Lewat Portal Tangerang

FOTO: Eksklusif Diskominfo Kota Tangerang for indolinear.com
Selasa, 23 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Berbelanja nyaman dari rumah telah menjadi tren bagi banyak orang. Berbagai macam aplikasi pun hadir, menawarkan layanan berbelanja secara online. Akan tetapi, tak banyak aplikasi yang menawarkan berbelanja barang langsung dari pasar tradisional.

Nah, kali ini Pemerintah Kota Tangerang melalui PD Pasar menghadirkan aplikasi yang memudahkan orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari sayur-mayur hingga sembako. Semuanya bisa dibeli secara online melalui aplikasi Portal Tangerang.

Dirut PD Pasar Kota Tangerang Titien Mulyani mengatakan, fitur Portal Tangerang dihadirkan untuk menjadi solusi berbelanja praktis dan nyaman tanpa keluar rumah.

“Hanya dengan aplikasi Tangerang LIVE yang sudah bisa di-download di Playstore, masyarakat bisa belanja sayur-mayur kebutuhan dapur, sambil santai cukup dari rumah aja. Inovasi ini tentunya sebagai upaya menghindari kerumunan di pasar dan potensi penyebaran Covid-19,” ujar Titien, Selasa (23/3/2021).

Dia menjelaskan, Portal Tangerang ini baru bisa diakses untuk berbelanja di Pasar Anyar dan Pasar Poris. Masing-masing pasar punya dua driver pengiriman dengan sistem pembayaran secara Cash On Delivery (COD) atau bayar ketika barang sampai.

“Masyarakat tinggal masuk ke Aplikasi Tangerang LIVE, pilih fitur Portal Tangerang. Tinggal pilih mau belanja di Pasar Anyar atau Pasar Poris. Selanjutnya, konsumen tinggal klik-klik aja belanjaan apa yang dibutuhkan. Mulai dari daging, sayur, buah, bumbu, sembako hingga jajanan tersedia,” papar Titien.

Sementara itu, Kepala Pasar Poris Adi Sawardi menyebutkan, sejauh ini mekanisme orderan yang masuk akan direspons dan dibelanjakan oleh tim kepala pasar. Selanjutnya, akan terkoneksi ke aplikasi driver untuk tahap pengiriman.

“Untuk biaya pengiriman Rp10 ribu untuk satu kilo pertama, selanjutnya kelipatan Rp5 ribu per kilometernya. Warga juga tidak perlu khawatir mendapatkan barang yang jelek, sebab para pedagang sudah masuk quality control tim PD Pasar,” katanya.

Selain bisa berbelanja tanpa keluar rumah, konsumen yang sudah mulai menggunakan Portal Tangerang pun mengakui fitur ini sangat memudahkan mereka dalam berbelanja. Terlebih bisa lebih efektif dalam penggunaan waktu berbelanja.

Seperti yang diungkapkan Ahmad, warga Poris sebagai pedagang warung nasi. Ia bisa membuka warung lebih pagi. Biasanya, aktivitas belanja di pasar menghabiskan waktu 2 jam.

“Sekarang, ada aplikasi begini, saya biasanya belanja bisa dua jam lebih, sekarang mah cuma lima menit, tinggal tunggu aja, datang deh tuh belanjaan saya. Irit waktu dan irit tenaga banget buat saya,” katanya. (ADV)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: