Masjid Di Serpong Punya Design Unik, Ini Potretnya Penampakan

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 6 Februari 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Banyak ditemui masjid di hampir seluruh wilayah di Tanah Air.

Dari banyaknya bangunan suci yang berdiri di nusantara, masjid satu ini cukup mencuri perhatian. Hal ini lantaran desain unik yang diaplikasikan pada bangunan masjid di Gading Serpong, Tangerang.

Berbeda dari desain pada umumnya, masjid viral tersebut justru tak memiliki kubah. Kendati demikian, banyak pasang mata yang seolah tersihir tatkala memandang penampakan si masjid unik.

Seperti apa potretnya? Berikut informasi selengkapnya, dilansir dari Merdeka.com (05/02/2021)

Penuh Asmaul Husna

Masjid Raya Asmaul Husna Jalan Raya Kelapa Dua, Gading Serpong belakangan menjadi topik hangat di kalangan warganet. Hal ini lantaran sebuah video yang diunggah seorang pria dengan akun TikTok @amritsaraje.

Ia nampak memperlihatkan keindahan masjid berwarna hijau terang tersebut. Berkeliling di luar masjid, pria tersebut menemukan asmaul husna yang dipahat indah di dinding bagian luar bangunan masjid.

“Aku lihat kok familiar banget ya. Guys, ini tuh asmaul husna,” ujarnya, dilansir dari akun Instagram @dunia_kaumhawa.

Berbentuk Unik

Jika masjid pada umumnya berbentuk layaknya rumah yang memiliki atap, namun tidak dengan bangunan suci satu ini. Masjid yang terletak di tengah keramaian kota ini justru berbentuk kotak dan berukuran cukup besar.

Unik, masjid ini tak memiliki kubah layaknya masjid seperti biasanya. Masjid tersebut juga memiliki area taman depan yang dilengkapi dengan berbagai tanaman hias mengitari area parkir kendaraan.

Bernuansa Putih nan Sejuk

Memasuki masjid, publik akan disuguhkan dengan pemandangan indah nan menyejukkan mata. Sejauh mata memandang, warna putih yang mendominasi masjid bagian dalam seolah membuat hati terasa nyaman dan tenteram.

Berbeda lagi dengan masjid pada umumnya, bangunan suci ini justru memanfaatkan pencahayaan alami. Tepat di atap bangunan, nampak langit-langit yang didesain sedemikian rupa sehingga sinar matahari bisa memasuki masjid pada siang hari.

Simbol Bulan Bintang

Selain digunakan sebagai pencahayaan alami, desain langit-langit masjid rupanya memiliki filosofis tersendiri. Bagian cekung memanjang tersebut tak lain menyimbolkan bulan sabit, sementara bentuk bintang di bagian atas mimbar merupakan simbol bintang. Keduanya dimaksudkan untuk menyimbolkan bulan dan bintang.

“Aku perhatikan lagi, di depan itu kayak ada bintang. Akhirnya aku samperin dan benar dong, itu bintang dan bisa melihat langsung ke langit. Ternyata ini itu simbol bulan dan bintang,” ucapnya.

Dilengkapi Maket Desain Masjid

Masjid megah nan indah tersebut dilengkapi dengan maket desain. Publik dapat melihat langsung seluruh desain unik tersebut melalui miniatur yang diletakkan di sebuah ruangan terpisah dari tempat untuk beribadah.

“Ternyata ada maketnya nih. Jadi begini kalau dilihat dari luar. Masya Allah,” terangnya.

Karya Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

Masjid Asmaul Husna merupakan hasil pikiran sang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ridwan Kamil merupakan seorang insinyur yang terkenal berhasil mendesain berbagai bangunan unik di seluruh penjuru Tanah Air.

potret lucu baby arka anak ridwan kamil

Instagram @arkanaidan ©2020 Merdeka.com

“Ternyata Masjid Raya Asmaul Husna ini hasil karya arsitek Pak Ridwan Kamil,” pungkasnya.

Tuai Decak Kekaguman

Desain unik Masjid Asmaul Husna langsung mendapatkan banyak kekaguman dan apresiasi dari warganet. Tak sedikit yang lantas menginginkan untuk dapat merasakan beribadah langsung di masjid unik.

“Masya Allah bagus Banget ya.. tembok nya itu tulisan Asmaul Husna,” tulis akun @sastradipuraishana.

“Masya Allah,” kata akun @kr.istin8544.

“Subhanallah,” tulis akun @lindalestari163.

“Masya Allah, pengen kesana,” kata akun @lilisabrina9229. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: