Masalah Yang Bisa Dialami Seseorang Ketika Tidur Dengan Perut Kosong

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 8 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tidur malam hari merupakan salah satu hal yang mengakhiri segala aktivitas yang kita lakukan dalam satu hari. Walau mengakhiri satu hari kita, kondisi ketika tidur ini bisa berpengaruh pada esok harinya.

Salah satu kondisi yang bisa terjadi ketika tidur di malam hari yang berpengaruh hingga besoknya adalah tidur dalam kondisi perut kosong. Kondisi lapar ketika tidur ini bisa disebabkan berbagai macam hal.

Seseorang bisa sedang lapar ketika tidur karena tidak sempat makan. Namun bisa juga seseorang yang sedang diet memang sengaja tidak makan di malam hari.

Ketika kondisi ini terjadi sesekali, maka tidak ada dampak yang terjadi. Namun pada saat tidur dengan perut kosong ini sudah menjadi kebiasaan, maka sejumlah dampak bisa dialami tubuhmu. Dilansir dari Merdeka.com (06/11/2020), berikut sejumlah dampak yang muncul ketika seseorang tidur dalam kondisi perut kosong.

Kurang Nutrisi

Tidak makan di malam hari bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dalam tubuh terutama mikronutrisi. Tubuh kita membutuhkan mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B12, dan vitamin D3 untuk dapat bekerja secara efisien. Ketika seseorang terbiasa tidur dalam perut kosong, dia cenderung mengalami malnutrisi.

Memengaruhi Metabolisme

Jika seseorang sering melewatkan makan malam, hal ini bisa memengaruhi metabolisme yang dimilikinya. Hal ini bisa mempengaruhi tingkat insulin pada tubuh serta kolesterol dan tingkat tiroid. Tidak mengonsumsi makanan yang tepat di waktu yang tepat bisa mempengaruhi hormon yang membuatmu rentan terhadap penyakit lain.

Sulit Tidur

Mencoba tidur dalam kondisi perut kosong bisa membuatmu kesulitan untuk memulai tidur. Rasa lapar akan membuatmu terjaga lebih lama. Hal ini terjadi karena tubuh terkontrol secara hormonal dan saraf sehingga kurang makan di malam hari bisa menimbulkan dampak terhadap hal ini.

Bertambahnya Berat Badan

Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan menganggap bahwa melewatkan makan malam bisa membuat mereka kurus. Faktanya, melewatkan makan malam malah bisa membuat berat badan bertambah.

Ketika melewatkan makan malam, tubuh akan mulai menumpuk lemak. Tubuh mulai menyimpan tenaga dan menggunakannya untuk melakukan aktivitas lain yang berujung bertambahnya berat badan.

Mudah Marah

Bekerja dalam perut kosong bisa membuat seseorang menjadi mudah marah. Ketika pada pagi harinya kamu tidak mengawali dengan sarapan yang tepat, maka kamu bisa menjadi mudah marah. Diketahui bahwa tingkat serotonin bakal mengalami fluktuasi ketika tidak makan di malam hari.

Ketika kamu tidak melakukan diet atau puasa tertentu, disarankan agar tidak tidur dalam kondisi perut kosong. Walau begitu, juga disarankan untuk tidak makan dalam jam yang terlalu dekat dengan tidur. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: