Mark Zuckerberg Bukan Lagi Miliarder tapi Centibillionaire, Apakah Itu?

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 15 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Mark Zuckerberg resmi masuk daftar khusus orang kaya yang layak mendapat status centibillionaire. Sebelumnya, gelar khusus ini hanya dipegang dua miliarder tajir, pemilik Microsoft Bill Gates dan bos Amazon Jeff Bezos.

Centibillionaire adalah status yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kekayaan sebesar US$100 miliar setara Rp1.488 triliun (kurs Rp1.488 per US$).

Masuknya Zuckerberg dalam kelompok Centribillioanaire terjadi setelah harga saham Facebook melayang 6,5 persen pada pekan lalu.

Penguatan harga saham Facebook itu dipicu informasi perusahaan sosial media terbesar dunia itu yang akan meluncurkan Reels, fitur mirip TikTok di platform Instagram.

Isu ini berbarengan dengan keputusan Presiden AS, Donald Trump yang melarang TikTok beroperasi di Negeri Paman Sam, dilansir dari Dream.co.id (13/08/2020).

Reels diluncurkan seminggu setelah Facebook melaporkan kinerja keuangan yang kuat. Perusahaan melaporkan pengguna jejaring sosialnya saat ini sudah mencapai rekor 3 miliar pengguna di seluruh platformnya, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Corona Bikin Zuckerberg Makin Tajin

Perusahaan juga mengaku diuntungkan dengan Pandemik Covid-19 karena lebih banyak masyarakat di seluruh dunia berdiam di rumah. Sentimen tersebut membuat saham Facebook naik hampir 30 persen sepanjang tahun ini. Kenaikan yang membuat kekayaan Zuckerberg naik US$ 22 miliar.

Kiprah Zuckerberg di kehidupan kalangan orang terkaya dunia sudah mulai diketahui pada tahun 2010. Kala itu Facebook ini turut menandatangani Giving Pledge, sebuah inisiatif yang digagas oleh Warren Buffett dan Bill dan Melinda Gates untuk mengajak orang-orang kaya di dunia agar menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Akhirnya, di tahun 2015, Zuckerberg mengumumkan bahwa akan memberikan apa yang dia hasilkan dari 99 persen saham Facebooknya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: