Mari Mengenal Pengertian Horse Power dan Torsi pada Kendaraan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 6 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Saat membaca spesifikasi kendaraan bermotor, biasanya disisipkan istilah horse power pada tenaga yang dihasilkan. Tak hanya itu, keterangan torsi juga menjadi faktor penting saat menjelaskan produk otomotif.

Meski sudah sangat familiar, tak banyak yang tahu arti sesungguhnya dari dua istilah tersebut. Untuk menambah pengetahuan mengenai hal tersebut, berikut pengertian horse power dan torsi di dunia otomotif seperti dilansir dari Liputan6.com (04/11/2020).

Digambarkan sebagai satuan daya yang setara dengan tenaga kuda, horse power juga bisa disebut daya kuda atau tenaga kuda. Berdasarkan hasil pengukuran, 1 horse power setara dengan 735,5 – 745,7 Watt.

Karena itu, pengukuran 1 horse power memiliki daya yang sangat besar untuk dijadikan sumber energi. Istilah horse power atau lebih umum dengan daya kuda digunakan untuk mengukur perbandingan antara mesin uap dan tarikan kuda di masa lalu.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih baik, antara kereta uap dan kekuatan kuda. Di era modern sekarang, terjadi penyesuaian pengukuran hitungan daya kuda atau horse power (HP).

Setelah kita mengetahui apa itu horse power atau tenaga kuda. Istilah lain yang berkaitan erat dengan horse power yaitu torsi.

Fungsi Horse Power dan Torsi

Jika, horse power diartikan sebagai tenaga kuda yang dihasilkan, maka torsi ialah suatu gaya yang dibutuhkan untuk memutar sebuah benda agar bergerak. Umumnya, perubahan kecepatan yang terjadi karena adanya pengaruh dari besar kecilnya torsi yang dihasilkan.

Terkait fungsi, horse power berperan penting untuk membuat kendaraan bisa melaju walau sedang membawa beban berat. Sedangkan torsi adalah akumulasi jumlah tenaga kuda yang dihasilkan dari horse power. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: