Mari Mengenal Arti Assist Dalam Permainan Sepak Bola

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 24 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Gol merupakan tujuan utama dari permainan sepak bola, yakni ketika bola dinyatakan sah melewati garis gawang sepenuhnya.

Salah satu dari dua tim yang bertanding dalam permainan sepak bola menjadi pemenang, jika mempunyai jumlah gol lebih banyak dibanding kubu lawan dalam dua babak berdurasi masing-masing 45 menit.

Mengutip perdari Kompas.com (23/06/2021), gol dinyatakan sah apabila selama rangkaian prosesnya tidak ditemukan pelanggaran. Dalam proses terjadinya gol pada sebuah pertandingan di berbagai ajang, sering ditemukan istilah berupa assist.

Lantas apa arti assist dalam permainan sepak bola dan bagaimana hal tersebut ditentukan saat terjadi sebuah gol?

Arti assist dalam permainan sepak bola dapat dijelaskan sebagai operan terakhir menuju penerima yang pada akhirnya mencetak gol.

Pendapat tersebut dikemukakan oleh mantan pelatih timnas Inggris, mendiang Don Howe, saat membidani kemunculan Opta pada 1996.

Makna dari assist tersebut kemudian berkembang, hingga banyak digunakan sebagai istilah statistik dalam permainan sepak bola di berbagai belahan dunia.

Belakangan, muncul perdebatan mengenai gol yang dibuat seorang pemain tanpa bantuan rekan setimnya, seperti dari tendangan penalti maupun peluang akibat kesalahan pemain lawan.

Permasalahan seperti itu menurut Opta, dapat diselesaikan dengan menggunakan definisi bahwa assist dilakukan seorang pemain secara sengaja agar rekan setimnya dapat mencetak gol.

Namun, dalam penerapannya di lapangan, banyak penghitungan statistik memakai perluasan definisi tersebut ketika melakukan analisis terjadinya sebuah gol.

Contohnya, adalah ketika seorang pemain mencetak gol dari tendangan penalti, maka rekan setim yang dilanggar oleh pemain lawan mendapat kredit berupa assist.

Dasar tersebut bahkan bisa dipakai apabila kepada seorang pemain yang mencetak gol dari tendangan penalti, yang terjadi karena dirinya sendiri dilanggar oleh pemain tim lawan.

Terlepas dari perdebatan yang muncul mengenai pengertian serta penghitungannya, assist mulai dianggap sebagai statistik penting dalam karier seorang pemain sepakk bola.

Seperti yang terjadi di ajang kompetisi tertinggi Liga Inggris, Premier League, yang memberikan penghargaan bagi setiap pemain dengan catatan assist terbanyak di setiap musimnya sejak edisi 2017-2018. (Uli)