Mantan PM Thailand Yingluck Diberi 10 Tahun Visa Inggris

kompascom/indolinear.com
Rabu, 30 Mei 2018

Indolinear.com, London – Mantan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, dilaporkan memperoleh visa tinggal dari Pemerintah Inggris selama 10 tahun.

Yingluck bisa bebas keluar masuk Inggris dengan durasi setiap perjalanan maksimal enam bulan.

Kementerian Luar Negeri Thailand mengaku baru mendengar kabar tersebut, dan bakal mempelajarinya lebih detil. Ketika ditanya apakah bakal mengajukan permintaan ekstradisi ke Inggris, Kemenlu Thailand masih belum melihat opsi tersebut.

“Saat ini, kami masih mengajukan kolaborasi penegak hukum antar-negara,” ujar juru bicara kemenlu, Busadee Santipitaks, dilansir Kompas.com, Rabu (30/5). Saat ini, PM perempuan berusia 50 tahun itu menggunakan paspor salah satu negara di Eropa setelah paspor Thailandnya dicabut oleh junta militer. Yingluck dilaporkan telah tinggal di London setelah melarikan diri dari Thailand pada September 2017 lalu.

Awal tahun ini, beredar foto-foto Yingluck tengah berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan di London. Yingluck, yang dikudeta pada 2014.

Keluarga Shinawatra sangat populer di daerah pedesaan, terutama di utara dan timur laut Thailand. Para pemilih di sana memainkan peran krusial memenangkan Yingluck dan kakanya, Thaksin Shinawatra, dalam empat Pemilu Thailand (2001, 2005, 2008, dan 2011).

Adapun Thaksin lebih dulu melarikan diri sejak digulingkan dalam kudeta pada 2006, dan dicari terkait kasus korupsi. Junta militer yang berkuasa berjanji untuk mengadakan pemilu di awal 2019 setelah sebelumnya berkali-kali tertunda. (Gie)

 

 

%d blogger menyukai ini: