Manfaat Yang Diperoleh Dari Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 17 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Kebiasaan minum air putih merupakan salah satu hal yang harus terus kita pertahankan terutama demi kesehatan tubuh. Hal ini disebut bisa sangat membantu kebugaran tubuh dengan berbagai cara termasuk terhadap penuaan.

Minum air putih terutama di pagi hari merupakan cara terbaik dalam memperlambat penuaan yang terjadi dalam diri kita. Pasalnya, air ini bisa membantu setiap sistem di dalam tubuh berjalan dengan lancar.

Kurang konsumsi air bisa menjadi penyebab munculnya sejumlah masalah kesehatan pada tubuh. Masalah ini bisa menjadi semakin parah seiring bertambahnya usia seseorang.

Dehidrasi merupakan salah satu masalah yang bisa berdampak sangat parah terutama pada manula. Untuk mencegah masalah ini, salah satu langkah awal yang bisa dilakukan adalah memulai hari dengan segelas air putih.

Christine E. Kistler, MD, associate professor di bidang geriatrik dari UNC School of Medicine menjelaskan bahwa manula lebih rentan mengalami dehidrasi. Diketahui bahwa minum air di pagi hari bisa memperlambat terjadinya penuaan.

Tentu saja kebutuhan air ini bisa sangat berbeda tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing. Dilansir dari Merdeka.com (15/06/2022), berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari minum air di pagi hari setelah bangun tidur.

  1. Mengurangi Kemungkinan Buang Air di Malam Hari

Minum air putih seawal mungkin bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan air tubuh sembari mencegah kemungkinan buang air kecil di malam hari saat tidur.

“Di malam hari, orang cenderung cemas untuk bangun dan ke kamar mandi, jadi banyak yang mengurangi minum agar tidak harus buang air kecil di malam hari,” terang dr. Kistler.

Minum segelas besar air putih di pagi hari bisa membantu hal ini. Selain itu, ke kamar mandi di malam hari diketahui merupakan salah satu penyebab banyak manula terjatuh.

  1. Membantu Menjaga Temperatur Normal Tubuh

Lansia cenderung mengalami dampak lebih parah dari masalah lingkungan dan cuaca seperti saat terjadinya gelombang panas. Pada saat tubuh menjadi terlalu parah, bisa terjadi sejumlah dampak buruk pada jantung dan ginjal.

Minum air putih secara cukup di pagi hari bisa membantu menjaga tubuh tetap dalam suhu normalnya. Lebih lanjut, hal ini bisa mencegah berbagai masalah organ tubuh yang mungkin timbul.

  1. Membuang Racun dari Dalam Tubuh

Pada saat kamu kurang minum air, racun seperti urea bisa menumpuk di dalam tubuh. Pada saat urea menumpuk, sejumlah fungsi tubuh bisa menurun dan keseimbangan elektrolit bisa menjadi tak normal.

Hal ini menimbulkan efek domino yang menyebabkan gangguan elektrolit dan berujung terjadinya delirium. Dampak serupa juga bisa menimbulkan infeksi saluran kencing yang bisa dihindari dengan cukup mengonsumsi air putih di pagi hari.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika tubuh kekurangan sejumlah hal yang dibutuhkan, misalnya air, tubuh bakal kesulitan untuk bekerja secara optimal. Hal ini juga menyebabkan organ tubuh termasuk jantung bekerja lebih keras.

Penelitian pada tahun 2021 membuktikan seberapa besar dampak air putih pada kesehatan jantung. Disebut bahwa cukup minum air putih bisa membantu mencegah atau memperlambat perubahan yang bisa menyebabkan gagal jantung.

  1. Menjaga Ingatan

“Semakin kamu membebani tubuhmu, semakin keras kerja pada jantung, ginjal, dan hati serta hal ii juga membebani otak,” terang dr. Kistler.

Ketika tubuh kurang minum dan tidak membuang racun dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan masalah kognitif. Lebih lanjut, minum cukup air terutama di pagi hari merupakan hal penting untuk menyokong ingatan kita baik jangka pendek maupun panjang.

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Air putih merupakan pilihan minuman yang lebih sehat dibanding minuman manis seperti jus dan soda. Minuman ini memiliki kandungan bebas kalori dan bernutrisi untuk membantu menjaga berat badan.

Selain menghilangkan kalori, air putih ini juga bisa mencegah efek buruk dari minuman bergula ini. Selain itu, cukup minum air putih bisa membuatmu tetap kenyang sehingga membantu menjaga berat badan.

Sejumlah dampak tersebut merupakan dampak dari minum air putih di pagi hari. Pastikan untuk minum air putih secara rutin di pagi hari untuk memperoleh manfaat sehatnya. (Uli)