Manfaat Sehat Tak Terduga Yang Bisa Diperoleh Dari Mengkonsumsi Kimchi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 9 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Meningkatnya kegemaran terhadap sejumlah budaya Korea menjadikan banyak juga makanan dari negara ginseng tersebut yang masuk ke Indonesia. Salah satu jenis makanan yang juga ikut masuk adalah Kimchi.

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang juga menjadi populer di Indonesia. Tidak sulit untuk mencari restoran makanan Korea yang menyajikan Kimchi atau mencarinya di supermarket.

Kimchi terbuat dari kubis yang telah mengalami proses fermentasi. Rasa dari sayuran ini biasanya cukup asam dengan sedikit rasa pedas. Hal ini membuat banyak orang di Indonesia yang menyukai makanan ini namun banyak juga yang tidak.

Sebagai sebuah makanan, Kimchi ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan yang tak bisa disepelekan. Dilansir dari Merdeka.com (07/03/2021), berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi Kimchi.

Baik Bagi Perut

“Sama seperti sayur dan makanan fermentasi lain, kimchi kaya dengan kandungan probiotik,” terang pakar diet asal New York, Samantha Cassetty.

Kandungan bakteri sehat ini berhubungan dengan sejumlah manfaat kesehatan terutama bagi pencernaan. Mengonsumsi kimchi bisa meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam perut.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat yang diberikan kimchi terhadap organ pencernaan bisa membuatnya bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Ketika kondisi pencernaan cukup sehat, sistem kekebalan tubuh jadi mampu untuk berfungsi secara optimal.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kimchi cenderung memiliki tingkat kolesterol rendah yang rendah. Sejumlah kandungan yang terdapat di dalam kimchi diduga memiliki peran terhadap manfaat ini.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat baik kimchi bagi kadar kolesterol membuatnya juga baik untuk kesehatan jantung dengan cara meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

“Antioksidan membantu menstabilkan sel rusak yang bisa bisa mempercepat proses penyakit. Oleh karena itu, memiliki status antioksidan yang tinggi bisa melindungimu dari kondisi kronis seperti penyakit jantung,” jelas Cassetty.

Mengatasi Peradangan

Peradangan berlebihan atau kronis bisa berdampak serius pada tubuh seiring waktu. Kandungan probiotik pada kimchi bisa memiliki dampak anti peradangan pada tubuh sehingga bisa mencegah munculnya masalah kesehatan lebih lanjut.

Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu dampak lain dari usus dan perut yang sehat adalah kerja otak yang lebih baik. Ketika sistem pencernaan bekerja dengan baik, komunikasi yang dilakukannya terhadap otak juga menjadi lebih baik dan berdampak positif pada kesehatan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi kimchi bisa menjadi cara untuk membantumu menurunkan berat badan. Kimchi memiliki rasa yang lezat dan juga kandungan rendah kalori sehingga mengonsumsinya bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Berbagai manfaat kesehatan dari kimchi tersebut membuatnya sebagai makanan yang tepat untuk kamu konsumsi. Nikmati sejumlah manfaat tersebut usai kamu mengonsumsinya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: