Manfaat Memelihara Tanaman Di Rumah Selain Dapat Mempercantik Dekorasi

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 6 Juni 2020
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tanaman dapat membuat suasana di dalam rumah terasa lebih nyaman. Selain sebagai hiasan, memelihara tanaman juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu efek yang mungkin tak kamu sadari adalah tanaman mampu memberikan efek tenang saat di rumah.

Tanaman bekerja dengan menghirup karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi sistem pernapasan manusia, yang membutuhkan oksigen untuk bernapas. Selain itu, adanya tanaman akan membantu memperbaiki kualitas udara di dalam rumah.

Berikut beberapa alasan memelihara tanaman di dalam rumah, dapat bermanfaat bagi kesehatan, dilansir dari Dream.co.id (04/06/2020).

Membantu Pernapasan

Memelihara tanaman di rumah memberikan keuntungan bagi proses pernapasan manusia. Karena manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Sedangkan, tanaman justru sebaliknya. Tanaman akan menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen.

Namun, hal ini hanya berlaku saat siang hari. Saat tanaman melakukan proses fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. Dan bila malam, semua proses ini akan terhenti. Sehingga saat malam, tanaman mulai menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, sama seperti manusia.

Untuk itu, tidak disarankan meletakkan tanaman didekat tempat tidur. Terutama saat malam hari. Kecuali untuk beberapa tanaman epifit seperti anggrek atau kaktus yang tetap menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen pada malam hari.

Mendapatkan Udara yang Segar

Tanaman adalah salah satu pembersih udara alami. Saat polutan masuk kedalam rumah, udaranya pun akan berubah. Dan tanaman dapat menangkap polutan-polutan tersebut sehingga membuat udara didalam rumah menjadi bersih dan segar.

Salah satu penyebab udara didalam rumah menjadi kotor akibat volatile organic compounds (VOC) yang dilepaskan oleh peralatan rumah tangga. VOC tidak menyebabkan gejala keracunan dalam waktu pendek. Namun dapat menjadi penyebab asma dan kanker dalam waktu yang lama.

Jenis tanaman yang disarankan untuk membersihkan udara seperti tanaman spider plant, sirih gading, dan lidah mertua.

Bantu Perbaiki Kondisi Psikologis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya efek peningkatan mood saat berada diruangan dengan tanaman hias. Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), terdapat beberapa manfaat dari memelihara tanaman di rumah:

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri
  • Mengurangi stress dan kecemasan
  • Merasakan kebugaran
  • Membantu menenangkan pikiran dan membuat optimisme
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Meningkatkan kemampuan mengingat

Manfaat lain rajin menanam tumbuhan di rumah adalah dapat memperbaiki kesehatan sosial antar sesama. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: