Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Pria Dan Wanita

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 21 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Manfaat bermain sepak bola bisa didapatkan oleh siapapun yang memainkan olahraga satu ini. Tak hanya baik untuk kesehatan kaum pria, ternyata sepak bola juga bermanfaat bagi wanita. Di Denmark, pada 2010 telah terbit sebuah penelitian membuktikan wanita yang bermain sepak bola selama 14 minggu, kesehatan kardionya akan meningkat sebanyak 15 persen.

Perlu diketahui bahwa sepak bola memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Hampir semua kalangan pun menyukai olahraga yang satu ini. Selain itu, sepak bola dapat dimainkan oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun.

Sepak bola membuat peningkatan 30 persen dalam fungsi otot tubuh Anda. Tak hanya itu, ia juga menambah kadar kapasitas asupan oksigen sebanyak 15 persen. Dilansir dari Merdeka.com (19/12/2020), berikut adalah  manfaat bermain sepak bola bagi pria dan wanita.

Turunkan Berat Badan

Manfaat bermain sepak bola yang pertama adalah mampu membuat berat berlebih Anda menjadi turun. Dijelaskan dalam sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health dengan bermain sepak bola dapat mencegah seseorang dari masalah obesitas.

Cabang olahraga ini diketahui dapat membakar kalori serta lemak dalam tubuh dengan cukup efektif, karena mampu menguras keringat selama kurang lebih 90 menit. Lema-lemak tersebut akan diperas sehingga menjadi otot. Tak heran apabila para pemain sepak bola memiliki tubuh dengan otot kuat di segala sisi, mulai dari betis hingga bagian perutnya.

Menyehatkan Jantung

Manfaat bermain sepak bola selanjutnya adalah mampu membuat jantung Anda menjadi sehat. Ketika bermain, para bintang lapangan hijau akan bergerak ke depan dan ke belakang lapangan saat pertandingan berlangsung. Dengan begitu mereka juga akan berjalan, jogging hingga berlari dalam kurun waktu 90 menit lamanya.

Hal tersebut ternyata mampu membantu para pesepak bola mengendalikan detak jantung sehingga melakukan latihan kardiovaskular. Latian cardio tersebut memiliki tujuan untuk membantu para pemain menjaga kesehatan jantungnya, menghindari plak yang ada di arteri, membakar kalori, mengurangi tekanan darah.

Bangun Kekuatan Otot

Dengan bermain sepak bola secara rutin juga akan membantu tubuh guna membangun kekuatan otot. Mulai dari otot-otot kaki, perut, paha dan juga dada. Ketika Anda mencoba untuk membangun kekuatan otot dengan cara bermain sepak bola, Anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya seperti misalnya daya tahan tubuh meningkat, tidak mudah lesu ataupun lelah.

Membentuk serta membangun kekuatan otot adalah salah satu cara yang amat bagus guna meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu cara ini juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. Bagi seseorang yang memiliki otot tubuh lebih kuat tentu juga akan membantu mengurangi risiko cedera.

Membentuk Karakter Tanggung Jawab

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari bermain olahraga adalah mampu membentuk karakter tanggung jawab. Sebab, cabang olahraga satu ini bukanlah permaian yang hanya menekankan pada keahlian satu individu saja, namun kerja sama tim secara keseluruhan yang menjadi kunci kesuksesan. Bermain sepak bola mampu membuat karakter setiap pemainnya terlatih untuk lebih bertanggung jawab.

Namun perlu diketahui bahwa cabang olahraga sepak bola ini memiliki caranya sendiri untuk mengembangkan kepribadian para pemainnya. Olahraga ini lebih mendorong kerja sama tim serta komunikasi antar pemain. Nah dengan begitu para pesepak bola sangat memahami kepribadiannya dan akan menghubungkannya dengan kesuksesan tim daripada berpikir untuk mengungguli teman setimnya sendiri.

Latih Kecerdasan Otak

Permainan sepak bola dikenal sebagai salah satu jenis olahraga penuh dengan strategi. Maka, setiap pemain akan selalu dituntut menguasai ragam teknik sepak bola. Bukan hanya mengandalkan otot saja, namun permainan ini juga membutuhkan taktik, teknik, dan strategi.

Setiap strategi serta teknik yang sering digunakan para pemain sepak bola, secara tidak sadar juga melatih kecerdasan otak. Sebab, dalam pertandingan sepak bola daapat berubah-ubah, sehingga menuntut para pemain agar selalu mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Raih Kemenangan

Sama seperti cabang olahraga lainnya, tujuan permainan sepak bola salah satunya adalah meraih kemenangan. Tentu saja, setiap orang atau tim yang bertanding pasti memiliki harapan agar bisa meraih kemenangan.

Hal tersebut nyatanya juga berlaku bagi cabang olahraga sepak bola, di mana masing-masing tim rutin melakukan latihan agar pada nantinya dapat mencapai kemenangan.

Nah itu tadi 4 manfaat bermain sepak bola bagi pria dan wanita yang berhasilk Merdeka.com rangkum. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat menambah wawasan Anda tentang ragam manfaat yang dapat dipetik dari cabang olahraga sepak bola ini. Apabila ingin mendapatkan manfaat-manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh, segeralah bermain sepak bola bersama dengan teman-teman Anda. Selamat mencoba. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: