Malas Membersihkan Make-Up, Bulu Mata Wanita Ini Jadi Sarang Tungau

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 8 November 2019
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Kamu pasti sudah tahu dan paham tentang pentingnya membersihkan wajah dari make up, terlebih sebelum tidur.

Namun, kondisi badan yang sudah sangat lelah usai seharian beraktivitas kerap membuatmu malas dan ingin langsung tidur saja.

Jangan suka lakukan kebiasan buruk tersebut ya. Bahaya tak membersihkan make up memang tidak akan segera kamu rasakan.

Namun, bisa dipastikan kamu akan merasakan dampak buruknya bila sering melakukan kebiasaan ini. Salah satunya seperti yang dialami seorang wanita dari Provinsi Hubei, China, berikut ini yang dilansir dari Dream.co.id (06/11/2019).

Bulu Mata Rontok

Sejak 6 bulan lalu, wanita berusia 32 tahun ini mengalami mata gatal dan kering disertai bulu matanya yang rontok.

Wanita itupun akhirnya memutuskan pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan matanya.

Dokter kemudian memeriksa mata wanita itu menggunakan mikroskop dan menemukan bahwa banyak tungau merangkak di sekitar bulu mata tempat kelenjar meibom berada.

Setelah diketahui ternyata tungau ini berkembang biak lantaran sang wanita tidak menghapus make up dengan benar sepulang bekerja.

” Tidak heran bahwa dalam enam bulan terakhir, mata saya selalu terasa kering dan gatal, dan bulu mata saya sering rontok,” kata wanita itu.

Demodex

Menurut Health Line, tungau ini disebut Demodex. Hewan ini memakan sel-sel kulit mati di folikel rambut.

Setiap orang memang memiliki hewan ini ditubuhnya, namun Demodex dapat berkembang biak secara tak normal jika orang itu jorok dan malas membersihkan diri.

Dokter kemudian menyarankan untuk selalu rutin membersihkan riasannya secara menyeluruh untuk mengurangi risiko pertumbuhan tungau yang tidak normal.

Selain itu, malas menghilangkan riasan juga dapat menyebabkan serangkaian penyakit mata seperti blepharitis dan konjungtivitis. (Uli)

INDOLINEAR.TV