Makassar Jadi Percontohan Bank Sampah Nasional

FOTO: brilio.net/indolinear.com
Senin, 8 Februari 2016
loading...

Indolinear.com – Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadikan Kota Makassar sebagai proyek percontohan dalam pengelolaan sampah. Hal ini karena Makassar mampu menggalakkan masyarakat dalam membentuk bank sampah yang menghasilkan nilai ekonomis.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di hadapan para bupati dan wali kota se-Indonesia mengapresiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang menjadikan Makassar sebagai Pilot Project.

“Alhamdulillah, ini kerja keras kami bersama dan kami siap bila memang Makassar dianggap layak untuk dijadikan pilot project,” ujarnya di Jakarta.

Menurut Danny, sapaan akrabnya, Makassar siap jadi proyek percontohan dan memberikan apresiasi kepada Kementerian LHK atas kepercayaan yang diberikannya itu.

Sementara, Staf Ahli Menteri LHK Hermawan Kertajaya menyatakan Kota Makassar sangat pantas dijadikan sebagai pilot Project Nasional Pengelolaan Bank Sampah.

“Kemampuan pemerintah kota menggugah warga kota untuk terlibat aktif membentuk dan mengelola bank Sampah sangat pantas diacungi jempol. Dalam jangka waktu tidak lebih dari dua tahun sudah mampu membentuk hingga 200-an bank sampah itu juga prestasi,” kata Hermawan dilansir Antara.

Lebih jauh dikatakan pakar Marketing tersebut, Makassar juga telah mempunyai program menaikkan status Bank Sampah tersebut menjadi Badan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Hal tersebut membuat nilai ekonomis yang dapat diambil oleh warga kota makin besar. Apalagi nantinya akan ditunjang dengan berbagai bantuan dan kerja sama dari perbankan.

“Sistem pengelolaan sampah terintegrasi semacam bank Sampah Makassar ini, sangat patut dijadikan sebagai proyek percontohan bagi daerah lain,” pungkasnya.(uli)

Sumber: Brilio.net

loading...