Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Dalam Kondisi Mentah, Lebih Sehat

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 15 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Cara pengolahan makanan yang tepat merupakan hal yang penting dilakukan untuk mendapat nutrisi secara maksimal dari makanan. Hal ini termasuk apakah harus mengonsumsi makanan dalam kondisi mentah atau matang.

Sejumlah makanan memiliki nutrisi lebih tinggi ketika tidak mengalami pengolahan sama sekali. Namun sejumlah makanan lain harus diolah untuk memperoleh manfaat sehat darinya.

Walau sejumlah makanan seperti telur dan ayam bisa berbahaya dalam kondisi mentah, namun sejumlah makanan lain bisa lebih sehat dalam kondisi mentah. Hal ini terutama terjadi pada sejumlah sayur dan buah.

Sejumlah sayur dan buah yang biasa kita olah ternyata bisa lebih sehat ketika berada dalam kondisi mentah. Dilansir dari Merdeka.com (13/08/2020), berikut sayur dan buah yang lebih sehat jika tetap dalam kondisi mentah.

Brokoli

Selama ini brokoli merupakan sayur yang mudah kita temui pada berbagai olahan makanan. Namun, siapa sangka bahwa brokoli ternyata lebih baik jika dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Brokoli memiliki kandungan antioksidan bernama sulforafan yang bisa mencegah kanker, diabetes, penyakit jantung, peradangan, depresi, serta masalah kesehatan lainnya. Sebuah penelitian menyebut bahwa sulforafan bisa diserap lebih cepat dari brokoli jika dalam kondisi mentah.

Bawang Bombay

Bawang bombay memiliki beragam manfaat luar biasa dilamanya termasuk dalam melawan kanker. Ketika makanan ini dikonsumsi secara mentah, kandungan anti-kanker di dalamnya bisa semakin efektif, terang pakar nutrisi Ashley Walter.

“Memasaknya bisa membantu menurunkan manfaat firokimia dari bawang bombay yang melawan kanker,” sambungnya.

Makanan ini juga memiliki kandungan yang bisa mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan ini bisa menghilang ketika bawang bombay dimasak dan dipotong dalam cara tertentu.

Bawang Putih

Kandungan yang baik bagi kesehatan kardiovaskular di bawang bombay juga bisa diperoleh dari bawang putih. Kandungan ini bisa menghilang ketika bawang putih dimasak atau terpapar panas.

Penelitian pada tahun 2009 coba mengungkap manfaat dari bawang putih mentah yang memiliki sifat karsinogenik anti-kanker. Kandungan ini bisa hilang ketika bawang putih dimasak atau dipanaskan.

Paprika Merah

Paprika biasanya digunakan dalam berbagai makanan dalam berbagai cara baik dioven atau ditumis. Sayangnya kandungan vitamin C yang tinggi dari paprika merah bisa hilang ketika dimasak.

Paprika merah juga terbukti memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan dapat melindungi dari kanker, diabetes, Alzheimer’s, serta sejumlah penyakit lain. Kandungan ini bisa hilang dengan mudah ketika dipanasi.

Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah sehat yang memiliki kandungan antioksidan bernama flavonoid di dalamnya. Mengonsumsinya secara mentah bisa membantu menjaga sejumlah manfaat itu di dalamnya.

Penelitian pada tahun 2014 mengungkap bahwa pengolahan yang dilakukan pada blueberry bisa menurunkan tingkat polifenol di dalamnya. Oleh karena itu, buah ini sebaiknya dikonsumsi secara mentah dan tidak diolah dalam bentuk apa pun.

Kale

Kale merupakan sayuran sehat bernama glukosinolat yang bisa menghilangkan berbagai penyakit ketika kontak dengan enzim myrosinase. Sayangnya, penelitian pada tahun 2016 mengungkap bahwa panas bisa menghilangkan kandungan myrosinase di dalamnya. Oleh karena itu,sayuran ini sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Bit

Buah bit merupakan satu lagi makanan yang lebih sehat ketika dikonsumsi dalam kondisi mentah. Buah ini mengandung lima nutrisi penting yaitu vitamin, kalsium, zat besi, potassium, dan folat. Sayangnya, ketika buah ini dimasak, kandungan nutrisi di dalamnya diketahui bisa menurun hingga 25 persen.

Nanas

Nanas merupakan buah yang bisa dicampurkan dengan masakan atau juga berupa kalengan dan menjadi minuman. Walau begitu, kondisi terbaik bagi nanas adalah ketika mentah. Penelitian mengungkap bahwa nanas memiliki kandungan bromelain yang memiliki manfaat anti-peradangan di dalamnya sehingga bisa terhindar dari sejumlah masalah kesehatan.

Sejumlah buah dan sayur tersebut sangat bermanfaat ketika dikonsumsi dalam kondisi mentah. Memasaknya bisa membuat nilai nutrisi di dalamnya jadi menurun dan tidak optimal seperti sebelumnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: