Makanan Yang Boleh Dan Tak Boleh Dimakan Setelah Pasang Behel

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 23 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Penggunaan behel atau kawat gigi merupakan salah satu cara untuk merapikan gigi. Cara ini juga dilakukan untuk mengatasi terjadinya masalah lain di gigi.

Penggunaan behel ini bisa mengatasi masalah gigi yang terjadi. Walau begitu dibutuhkan cukup waktu untuk gigi menjadi rapi dan masalah ini teratasi.

Pada masa-masa awal usai pemasangan behel, mungkin terjadi rasa tidak nyaman di gigi. Tak jarang juga muncul rasa sakit dan iritasi pada gigi dan gusi pada hari-hari awal usai pemasangan.

Walau begitu, masalah yang muncul mungkin tidak melulu hanya pada penyesuaian di mulut saja. Satu hal yang cukup sulit diubah adalah pada kebiasaan makan yang kamu lakukan.

Pada saat masa-masa awal penggunaan behel, sejumlah makan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Konsumsi makanan ini bisa menempel pada behel dan merusaknya.

Mengetahui makanan apa yang tepat dikonsumsi bisa sangat membantu untuk mencegah munculnya masalah kesehatan. Dilansir dari Merdeka.com (21/01/2021), berikut sejumlah pola makan yang harus kamu ketahui pada masa-masa awal menggunakan behel.

Makanan yang Disarankan Dikonsumsi Setelah Menggunakan Behel

Menggunakan behel tidak selalu menimbulkan rasa sakit namun mungkin membuat mulut menjadi sensitif. Kondisi ini bisa membuat mulut menjadi sakit ketika mengonsumsi makanan dengan tekstur keras.

Menggunakan behel membuatmu harus mengunya dengan cara berbeda. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan lunak pada masa-masa awal menggunakan behel. Ini jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi:

Mashed potatoes

Yogurt

Sup

Telur orak-arik

Oatmeal

seafood

Buah-buahan lunak seperti semangka

Sayur yang direbus atau dikukus

Pasta

Makanan yang Harus Dihindari Saat Baru Memakai Behel

Selain makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, terdapat juga sejumlah makanan yang disarankan untuk dihindari. Sejumlah makanan ini bisa menyebabkan iritasi mulut serta menimbulkan banyak tekanan dan sensitivitas.

Makanan yang disarankan untuk dihindari adalah:

Es krim

Roti

Daging yang tebal

Makanan padas

Jeruk

Makanan ini baru mungkin dikonsumsi ketika kita sudah mulai terbiasa menggunakan behel.

Walau terdapat makanan yang harus dihindari saat baru memakai behel, namun ada juga makanan yang harus dihindari sepenuhnya. Makanan yang lengket dan keras bisa berdampak buruk pada behel sehingga harus dihindari sepenuhnya. Contoh dari makanan ini adalah:

Popcorn

Kacang

Es Batu

Permen Karet

Permen Keras

Pinggiran pizza

Bagel

Biskuit Keras

Keripik

Selain itu pastikan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman manis saat menggunakan behel. Makanan dan minuman jenis ini bisa menimbulkan penumpukan plak yang menutupi gigi dan behel.

gigi yang berbehel

Menjaga kesehatan gigi merupakan salah satu cara untuk mencegah munculnya masalah pada behel. Pastikan untuk menyikat gigi sehari tiga kali terutama setelah makan.

Pastikan juga untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu-bulu halus. Pastikan membersihkan gigi dengan menyeluruh termasuk di sela-sela gigi.

Tetap konsultasi dengan dokter gigi secara rutin untuk membersihkannya. Selain itu, pastikan juga menghindari sejumlah makanan yang sebelumnya telah disebutkan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: