Makanan Sehat Untuk Membersihkan Tubuhmu Setelah Makan Dalam Jumlah Besar

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 31 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menunda atau melewatkan waktu makan biasanya bisa membuat kita jadi makan dalam jumlah lebih banyak kemudian. Hal ini membuat upaya kita untuk menurunkan berat badan kerap jadi terhambat.

Hal lain yang juga kerap terjadi tanpa disadari adalah ngemil dalam jumlah besar. Hal ini rentan terjadi ketika perut terasa lapar dan kamu tak kunjung makan.

Usai makan atau ngemil dalam jumlah besar tersebut, kita mungkin mengalami berbagai masalah. Mulai kekenyangan, perut kembung, mual, hingga sesak napas mungkin terjadi.

Dampak lain juga bisa terjadi usai banyak makanan masuk ke dalam perut dalam seketika. Oleh karena itu, usai makan dalam jumlah banyak, penting untuk tetap aktif atau juga mengonsumsi minuman dan makanan lain untuk mengurangi dampak buruknya.

Sejumlah makanan dan minuman bisa menjadi penawar dari masalah makan secara berlebihan ini. Dilansir dari Merdeka.com (29/07/2021), berikut sejumlah makanan dan minuman sehat untuk mengatasi masalah

  1. Teh

Ketika kamu merasa sangat kenyang, minum teh bisa membantu untuk menggerakkan lagi sistem pencernaanmu. Jenis teh seperti teh peppermint bisa meringankan gejala yang muncul dari makan berlebih termasuk rasa kenyang yang menekan perut.

  1. Yogurt

Setelah makan dalam jumlah banyak, yogurt bisa menjadi pilihan untuk mencegah peradangan yang mungkin muncul. Jika kamu makan besar pada malam hari, sangat disarankan untuk mengonsumsi greek yogurt di pagi harinya untuk mempercepat metabolisme tubuh.

  1. Pisang

Usai makan atau ngemil makanan dengan kandungan tinggi garam dalam jumlah besar, pisang bisa menjadi jalan keluarnya. Kandungan potasium dalam pisang bisa melawan efek buruk dari terlalu banyak garam serta membantu pencernaan.

  1. Kefir

Kefir memiliki kandungan probiotik serta protein yang kaya sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah makan dalam jumlah besar. Konsumsi kefir bisa membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah makan berlebih sebelumnya.

  1. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran dengan kandungan rendah kalori serta nutrisi yang tinggi. Sayur ini bisa membuatmu merasa cepat kenyang serta memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan baik bagi pencernaan.

  1. Kombucha

Kombucha merupakan teh yang mengalami proses fermentasi dan bisa membantu sel hati dalam menghilangkan sejumlah efek racun. Selain baik dikonsumsi setelah makan dalam jumlah besar, kombucha juga bisa meningkatkan energi di dalam tubuh.

  1. Semangka

Usai kekenyangan, mencari kesegaran dengan mengonsumsi semangka merupakan hal yang menyenangkan. Selain itu, konsumsi buah ini juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta memenuhi asupan air yang dibutuhkan tubuh.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut bisa sangat membantu dalam mengatasi dampak buruk yang muncul akibat makan berlebih. Hal ini bisa membantu agar kamu tidak makan berlebih pada saat selanjutnya serta membantu agar metabolisme tubuh tetap terjaga. (Uli)