Makanan Penurun Asam Urat, Dari Ikan Salmon Hingga Buah Berries

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 31 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Terdapat beberapa makanan penurun asam urat. Penyakit asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh manusia. Asam urat sendiri yaitu produk limbah alami mengandung purin yang dihasilkan dari pencernaan makanan. Jika tubuh tidak mampu membuang purin dengan cepat, maka akan terjadi penumpukan asam urat di dalam darah.

Kadar asam urat yang tinggi biasa dikenal sebagai hiperurisemia. Hal ini nantinya mampu menyebabkan penyakit gout. Penyakit itu akan menyebabkan persendian menjadi sakit akibat adanya penumpukan asam urat yang menjadi kristal urat. Tak heran bila kerap kali penyakit asam urat akan mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

Ingin bisa menurunkan kadar asam urat? Penasaran dengan makanan penurun asam urat? Melansir dari Merdeka.com (29/10/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

Ikan Salmon

Makanan penurun asam urat yang pertama adalah ikan salmon. Melansir dari halodoc, ikan salmon masuk ke dalam makanan yang mampu membantu menurunkan asam urat. Sebab, kandungan purin dalam ikan salmon tidak setinggi ikan lainnya.

Menurut sebuah penelitian, kandungan omega-3 pada ikan salmon mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Tak hanya itu, ikan salmon juga dikenal memiliki asam lemak jenuh yang cukup rendah. Sehingga, jenis ikan ini mampu membantu kalian untuk menurunkan kadar asam urat. Bahkan, ikan salmon juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh seseorang.

Berries dan Apel

Makanan penurun asam urat yang kedua yakni berries dan apel. Perlu diingatkan, asam urat mampu menyebabkan terjadinya peradangan pada sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Untuk menguranginya, kalian bisa mengonsumsi buah berries. Bukan tanpa alasan yang tak jelas.

Buah berries khususnya stroberi dan blueberry memiliki sifat anti inflamasi yang tinggi di dalamnya. Sifat anti inflamasi inilah yang akan membantu kalian dalam mengendalikan peradangan pada sendi. Selain berries, buah apel juga bagus dikonsumsi bagi penderita asam urat.

Sebab, buah ini memiliki kandungan malid acid cukup tinggi yang baik bagi penderita asam urat. Kandungan malid acid dapat membantu menetralisir kadar asam urat loh. Asal para penderita mengonsumsinya secara rutin. Bonusnya, buah apel juga bisa mengurangi rasa nyeri yang kerap dialami penderita asam urat.

Kacang Pinto dan Kuaci

Kacang pinto dan kuaci masuk ke dalam deretan makanan penurun asam urat. Tahukah kalian, kacang pinto memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan itu dipercaya cukup efektif menurunkan kadar asam urat secara alami dalam tubuh.

Begitu pula dengan kuaci atau biji bungan matahari. Salah satu jenis biji-bijian ini juga mengandung asam folat cukup tinggi. Namun perlu digarisbawahi, para penderita asam urat hanya bisa mengonsumsi kacang-kacangan yang paling aman adalah kacang pinto dan kuaci saja. Karena, jenis kacang-kacangan lainnya justru bisa memicu kenaikan pada kadar asam urat.

Buah Ceri

Buah ceri ternyata juga menjadi salah satu makanan penurun berat asam urat. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi di dalam. Selain itu, buah beri juga mengandung sejumlah nutrisi seperti asam omega-3 dan omega-5 yang baik bagi tubuh.

Menariknya, buah ceri juga mengandung antioksidan serta anthocyanin yang cukup tinggi. Sehingga mampu membantu penderita menurunkan kadar asam urat nya. Kandungan-kandungan inilah yang nantinya juga bisa mencegah terjadinya serangan akibat tingginya kadar asam urat.

Kentang

Makanan penurun asam urat selanjutnya adalah kentang. Kentang juga baik untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Sebab, kentang menjadi salah satu buah yang memiliki kadar purin rendah. Selain itu, kadar vitamin C pada kentang juga mampu membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Menariknya, kentang juga memiliki kandungan anti peradangan. Selain vitamin C, kentang rupanya juga mengandung banyak sekali vitamin B6. Kedua kandungan inilah yang nantinya dapat membantu penderita dalam meringankan pembengkakan akibat nyeri asam urat.

Brokoli dan Wortel

Makanan penurun asam urat berikutnya yakni brokoli dan wortel. Brokoli dikenal menjadi salah satu sayuran yang ampuh membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Brokoli sendiri diketahui kaya akan vitamin C, asam folat serta potasium. Untuk membantu meredakan kadar asam urat, sebaiknya para penderita mengonsumsi brokoli secara rutin.

Kemudian ada wortel sebagai makanan penurun asam urat. Selain kesehatan mata, wortel rupanya dipercaya ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebab, wortel memiliki kandungan purin yang cukup rendah. Menariknya, wortel juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, menjaga berat badan hingga memperkuat daya tahan tubuh.

Cara Mengatasi Asam Urat

Selain makanan-makanan di atas, para penderita juga bisa mengatasi kadar asam urat dengan beberapa cara lainnya. Tidak terlalu memberatkan, penderita hanya dianjurkan untuk menjaga pola makan dan hidup sehatnya.

Berikut cara mengatasi asam urat yang bisa dilakukan oleh penderitanya:

  • Banyak minum air mineral
  • Konsumsi buah dan sayur kaya antioksidan
  • Konsumsi makanan kaya serat
  • Rajin minum air lemon
  • Hindari gula tambahan dalam olahan makanan
  • Hindari minuman beralkohol
  • Kurangi stres
  • Kontrol Berat Badan (Uli)
INFORMASIKAN PADA SAHABAT: