Makam Di Dalam Rumah, Pemiliknya Santai Beraktivitas Biasa

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 8 Agustus 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Biasanya, Tempat Pemakaman Umum (TPU) bakal menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi orang yang meninggal dunia. Namun, bagaimana jadinya jika salah satu makam justru diletakkan di dalam rumah?

Seperti pada video viral di media sosial berikut ini. Satu keluarga diketahui memiliki satu ruangan khusus yang berisi makam.

Lantas, seperti apa potretnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dilansir dari Merdeka.com (07/08/2021).

Viral Makam di Dalam Rumah

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki seribu satu budaya unik. Dari banyaknya budaya itu, ada hal yang tak banyak diketahui.

Beberapa waktu lalu, akun TikTok bernama @hasanahwae memperlihatkan salah satu budaya yang hingga kini masih ada di lingkungan tempat tinggalnya. Nampak sebuah nisan putih diletakkan di sebuah ruang khusus di dalam rumah.

“Makam di dalam rumah,” tulis akun Instagram @andreli48.

“Serem juga ya,” sambungnya.

Mengaji di Dekat Makam

Menariknya, pemilik rumah tersebut justru nampak santai dan beraktivitas seperti biasa. Bahkan, ada dua orang berpeci dan memegang buku bacaan terlihat serius mengaji di dekat makam tersebut.

Sementara itu, nampak dua anak kecil tengah bermain di dalam rumah bersama seorang wanita paruh baya. Diketahui, makam di dalam rumah tersebut berlokasi di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“#Sumenep #Madura #Jatim,” dikutip dari akun Instagram @andreli48.

Jadi Tradisi

Usut punya usut, memiliki makam di dalam rumah merupakan hal yang lumrah bagi warga Sumenep. Hal ini justru telah menjadi tradisi yang hingga kini masih terus dilestarikan warga setempat.

“Kalau di tempatku, sudah biasa kuburan di dalam rumah,” tulisnya sang pemilik video.

Reaksi Publik

Kendati dianggap wajar oleh warga setempat, namun video singkat tersebut seolah membuat banyak warganet merinding. Tak sedikit yang merasa terkejut saat melihat keunikan tradisi asal Madura itu.

“Masya Allah, kok kuburannya serumah,” tulis akun @rz.rz.779205.

“Seremnya pake bangettt itu mah,” tulis akun @rha_aryanti.

“Haduhhh,” tulis akun @teesoap.ed.

“Gue malah fokus dan ikutin ke i’tikafnya. Alhamdulillah,” tulis akun @ilhamajeee. (Uli)