Mahasiswa Internasional di Jepang Termasuk Dari Indonesia Ikut Budaya Lokal

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 31 Mei 2022

Indolinear.com, Tokyo – Upacara menanam padi diadakan di Kota Yamaguchi Jepang. Upacara ini dilakukan agar mahasiswa internasional dari Universitas Yamaguchi termasuk para pelajar Indonesia, bisa merasakan budaya Jepang.

“Acara dimulai dengan upacara doa yang dipimpin oleh pendeta Shinto agar penanaman pagi berlangsung dengan baik dan padi yang ditanam menghasilkan beras yang enak dinikmati,” kata pendeta Shinto, dilansir dari Tribunnews.com (30/05/2022).

Sekitar 30 orang, termasuk mahasiswa yang belajar di luar negeri dari delapan negara seperti Indonesia dan Bangladesh serta keluarganya, berpartisipasi dalam sesi pengalaman menanam padi–sebagai bagian dari pertukaran budaya di Yamaguchi.

Banyak orang yang baru pertama kali menanam padi, dan meski kesulitan menanam bibit langsung, para peserta senang bekerja dengan memamerkan pakaiannya yang berlumpur sambil tersenyum.

“Saya merasa bahwa upacara menanam padi yang pertama ini sangat baik. Saya ingin memberi tahu para petani di negara asal saya ketika saya kembali ke negara saya dari Jepang.”

“Saya merasakan kini bahwa saya harus lebih menghormati para petani setelah mengalami hal-hal yang dilakukan hari ini,” kata seorang mahasiswa internasional dari Universitas Yamaguchi. (Uli)