Lukisan Terkenal Edvard Munch ‘The Scream’ Dicuri di Museum

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 13 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Oslo – 12 Febuari 1994, 26 tahun lalu, lukisan “The Scream” karya Edvard Munch yang merupakan salah satu lukisan paling terkenal di dunia, dicuri dari sebuah museum seni di Oslo, Norwegia.

Lukisan itu ada di galeri ketika puncak perayaan Festival Budaya Norwegia diselenggarakan sehubungan dengan Olimpiade Musim Dingin yang dimulai di Lillehammer pada 1994.

Dua pria itu hanya membutuhkan waktu 50 detik untuk menaiki tangga, menerobos masuk melalui jendela Museum Seni Nasional di Oslo dan mengambil lukisan “The Scream” dari dinding dengan pemotong kawat. Demikian dilansir dari Liputan6.com (11/03/2020).

Pemotong kawat ditinggalkan bersama dengan tangga pendek setelah kedua pencuri itu melarikan diri dengan membawa lukisan. Seluruh kejadian difilmkan oleh kamera keamanan.

Direktur museum Knut Berg, mengatakan, “Tidak mungkin untuk memperkirakan nilai lukisan itu. Tapi lukisan itu yang paling berharga di Norwegia, lukisan Munch yang paling terkenal, dan tidak mungkin dijual.” Pakar seni percaya lukisan itu sangat terkenal sehingga tidak bisa dijual.

Terdapat spekulasi yang tersebar luas bahwa pencurian itu mungkin memiliki kaitan dengan Olimpiade, atau mungkin sebagai aksi publisitas oleh para juru kampanye.

Alarm museum berbunyi pada pukul 06.30 waktu setempat dan seorang penjaga keamanan segera memberi tahu polisi yang tiba di lokasi setelah beberapa menit. Kemudian petugas polisi mencari mobil Mercedes yang diduga digunakan sebagai kendaraan pelarian oleh kedua pencuri.

Lukisan Munch Lainnya Juga Pernah Dicuri

Museum ini mendapat kritikan keras atas keamanannya setelah terungkap bahwa mahakarya tersebut telah dipindahkan dari lantai pertama yang lebih aman, ke lantai dasar untuk dipajang di pameran. Diyakini pula bahwa lukisan tersebut tidak diasuransikan.

Lukisan yang dicuri itu dianggap sebagai yang paling penting dari empat versi lukisan “The Scream” karya Edvard Munch, dan diciptakan pada tahun 1893 sebagai bagian dari seri Frieze of Life di mana penyakit, kematian, kegelisahan, dan cinta adalah tema utamanya.

Lukisan itu telah menjadi gambaran penderitaan manusia di seluruh dunia. Dengan menampilkan wajah seperti tengkorak dengan mulut lebar dalam penderitaan dan rasa putus asa, dengan latar sebelum matahari berwarna merah darah terbenam.

Beberapa lukisan karya Munch lain yang juga pernah dicuri, seperti “The Vampire” yang merupakan karya terkenal, dicuri dari Museum Munch di Oslo, tetapi akhirnya ditemukan kembali.

Karya seni litografi “Madonna” juga hilang pada tahun 1990, lukisan lain yang merupakan hasil studi potret juga diambil dari Museum Seni Nasional Agustus tahun 1993.

Pada Agustus 2004, versi lain dari “The Scream” dicuri di Oslo dari Museum Munch. Tiga pria dinyatakan bersalah atas tuduhan terkait pencurian mahakarya itu oleh pengadilan di Norwegia pada Mei 2006.

Pada Agustus 2006, polisi Oslo menemukan “The Scream” serta “The Madonna” dan segera diamankan. Kedua karya seni tersebut kembali ditemukan dengan beberapa goresan kecil dan sobekan.

Kemudian karya seni tersebut kembali dipamerkan pada September 2006 di Museum Munch dengan menggunakan kotak kaca tebal guna mengamankan lukisan agar tidak mudah dicuri. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: