Lukisan dari Pelepah Pisang Warga Cianjur yang Tembus Mancanegara

pojoksatuid/indolinear.com
Selasa, 21 November 2017
loading...

Indolinear.com, Cianjur – Kreatif adalah satu kata yang pantas disematkan pada Syarif (23), warga Kampung Bunikasih, Desa Bunisari, Kecamatan Warungkondang.

Dirinya memiliki ide yang kreatif. Sebab, dia memanfaatkan pelepah pisang untuk dijadikan sebuah lukisan yang memiliki nilai jual tinggi.

Deretan karya seni lukis Syarif memenuhi ruangan rumahnya. Ya Syarif memang memiliki hobi melukis. Namun lukisan Syarif berbeda dengan lukisan biasanya. Dirinya membuat lukisa dari pelepah pisang.

Syarif terinspirasi menjadikan pelepah pisang sebagai bahan melukis. Pada awal kiprahnya, pesanan pun hanya datang datang dari beberapa orang peminat di daerahnya.

Namun saat ini pesanan datang dari berbagai daerah bahkan luar negeri.Syarif menuturkan lukisannya sudah dikenal sebagian masyarakat di Jawa Barat, bahkan dia kerap menerima pesanan dari Malaysia dan Singapura.

Sayarif memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan hasil karyanya tersebut.

Lukisannya dihargai dari mulai Rp200 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada ukuran dan tingkat kesulitan membuat lukisan tersebut.

“Dari puluhan lukisan yang diproduksi setiap bulan, beberapa lukisan dibuat khusus sesuai keinginan pemesan,” kata Syarif saat ditemui di rumahnya.

Tema lukisan buatan Syarif beragam. Mulai dari pemandangan, kaligrafi, sketsa manusia, hingga hewan. Usaha Syarif termasuk bisnis bermodal kecil. Cukup dengan pelepah pisang yang sudah kering, triplek, lem kayu, air, dan pernis.

“Cara melukisnya, pelepah pisang ditempelkan dan dirangkai di atas triplek yang sudah dilumuri lem kayu. Kemudian diberi pernis sebagai sentuhan akhir,” katanya. (Gie)