Luciano Spalletti Dan Cinta Yang Membawa Napoli Melaju Sempurna

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 22 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kemenangan atas Udinese membuat Napoli kini menjadi satu-satunya tim yang meraih hasil sempurna di Serie A. Luciano Spalletti adalah sosok di balik kemudi I Partenopei yang melaju kencang pada awal musim ini.

Napoli bertamu ke Stadion Dacia Arena kandang Udinese dalam lanjutan pekan keempat kompetisi teratas Liga Italia, Serie A, pada Selasa (21/9/2021) dini hari WIB.

I Partenopei, julukan Napoli, berhasil membawa pulang poin penuh berkat kemenangan telak 4-0 atas tim tuan rumah.

Keempat gol pasukan Luciano Spalletti masing-masing dicetak oleh Victor Osimhen (24′), Amir Rrahmani (35′), Kalidou Koulibaly (52′), dan Hirving Lozano (84′).

Hasil Liga Italia itu membuat Napoli kini bertengger di puncak klasemen berbekal raihan 12 poin, dilansir dari Kompas.com (21/09/2021).

Dari empat pertandingan yang sudah mereka lalui, I Partenopei meyapu bersih semuanya dengan kemenangan.

Lorenzo Insigne dkk menguasai puncak klasemen Liga Italia, unggul dua angka atas Inter Milan dan AC Milan yang secara berurutan menghuni peringkat kedua dan ketiga.

Usai laga kontra Udinese, Luciano Spalletti mengungkapkan resep di balik keberhasilan Napoli meraih hasil sempurna pada empat pertandingan awal Serie A 2021-2022.

“Kekuatan kami adalah lingkungan yang kami miliki. Kami diselimuti cinta yang bisa menjadi bahan bakar bagi para pemain,” ucap Spalletti dikutip dari Football Italia.

Selain faktor lingkungan yang mendukung, kekuatan lini serang juga menjadi salah satu kunci laju kencang I Partenopei.

“Kami memiliki kualitas dalam menyerang. Victor Osimhen sangat kuat. Dia memiliki kelemahan kualitas di ruang sempit, tapi sulit untuk mengejarnya di ruang terbuka,” tutur Spalletti.

“Pemain sayap juga luar biasa dalam situasi satu lawan satu. Jalan masih panjang dan ada banyak lawan tanggung,” imbuh juru taktik berusia 62 tahun itu.

Spalletti samai catatan Benitez

Luciano Spalletti sendiri merupakan pelatih kaya pengalaman di Italia. Ia pernah melatih Sampdoria, Udinese, AS Roma, dan Inter Milan.

Pria kelahiran Certaldo itu juga pernah merantau ke Rusia untuk menangani Zenit Saint Petersburg dari 2009 hingga 2014.

Kubu Napoli mendatangkan Luciano Spalletti pada Mei 2021 untuk menggantikan posisi Gennaro Gattuso.

Spalletti menjadi pelatih kedua yang mampu membawa Napoli memenangi empat pertandingan liga awal musim setelah Rafael Benitez melakukannya pada musim 2013-2014.

Bersama Spalletti, Napoli juga sukses memuncaki klasemen Liga Italia sendirian untuk kali pertama sejak Februari 2018.

Lingkungan yang kondusif dan kualitas para pemain yang ia miliki menjadi modal berharga bagi Luciano Spalletti.

Meski begitu, ia tak mau jemawa. Menurutnya, Napoli masih membutuhkan komposisi skuad yang lebih dalam.

“Musim masih panjang, tetapi tim memiliki kualitas,” kata Spalletti.

“Mungkin, kami kekurangan pemain yang memungkinkan kami dapat melakukan pergantian untuk menjaga level tim tetap tinggi. (Performa) kami harus tahan lama. Berapa banyak pertandingan yang bisa kami mainkan pada level ini? Ini akan membuat perbedaan,” ujar Luciano Spalletti menegaskan. (Uli)