loading...

Lombok Jadi Lokasi L’etape Indonesia by Tour de France

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 14 Februari 2020

Indolinear.com, Lombok – Setelah dipastikan menggelar MotoGP Mandalika 2021, Kota Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali dipercaya menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional.

Terbaru, ajang balap sepeda L’etape Indonesia by Tour de France dipastikan bakal diselenggarakan di Lombok pada 2020. L’etape Indonesia by Tour de France 2020 akan berlangsung selama tiga hari dan puncaknya pada Minggu (5/4/2020) mendatang.

Ini adalah kali pertama Indonesia masuk ke dalam kalendar L’etape by Tour de France. Pada tahun ini, Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah bersama 20 negara lainnya, seperti Australia, Brasil, China, dan Thailand.

Kabar ini tentunya sangat membanggakan karena Tour de France adalah ajang balap sepeda paling bergengsi di dunia. L’etape adalah event yang dibuat untuk mengakomodasi keinginan para fans di seluruh dunia merasakan pengalaman balapan di ajang sekelas Tour de France.

L’etape Indonesia Tour de France akan berlangsung di Kota Lombok sebanyak tiga kali di setiap tahunnya. Hal ini diungkapkan Zacky Badrudin, Founder Rocca Sports Event and Management, selaku pemegang lisensi L’etape Tour de France di Indonesia.

Zacky mengaku bangga karena antusiasme pebalap sepeda di Indonesia sangat tinggi, terbukti dari penjualan tiket yang sudah hampir habis.

“Kami selaku pemegang lisensi berkomitmen untuk menyelenggarakan ajang ini selama tiga tahun di Kota Lombok,” kata Zacky dilansir dari Kompas.com (13/02/2020).

“Sejauh ini, peserta yang mendaftar sudah mencapai 1.200an dari kuota maksimal 1.500. Semoga ajang ini bisa berkontribusi untuk memajukan perekonomian di Indonesia, khususnya Kota Lombok,” ujar Zacky menambahkan.

L’etape Indonesia by Tour de France nantinya akan terbagi menjadi dua kelas, yakni balapan jarak pendek (short course) dan panjang (long course). Untuk short course, peserta diperkirakan akan menempuh jarak balapan sekitar 70km.

Adapun untuk long course jarak balapan mencapai 135km. Sama seperti Tour de France, rute balapan L’etape Indonesia juga melewati banyak tanjakan, mengitari pegunungan, dan trek lurus panjang.

Lebih lanjut, Zacky menyebut L’etape Indonesia by Tour de France juga akan menjadi event internasional untuk menyambut MotoGP Mandalika 2021 mendatang.

“Kami sudah bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC). Mereka mendukung penyelenggaraan L’etape Indonesia by Tour de France, sama seperti MotoGP Mandalika 2021,” kata Zacky.

Hingga saat ini, pendaftaran peserta L’etape Indonesia by Tour de France masih dibuka di situs web www.roctix.com. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: